Survei Capres 2024: Elektabilitas dan Akseptabilitas Prabowo Teratas

Senin, 27 Juni 2022 - 12:52 WIB
loading...
Survei Capres 2024: Elektabilitas dan Akseptabilitas Prabowo Teratas
Elektabilitas Prabowo Subianto mengalahkan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo versi Indonesia Polling Stations. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menempati urutan teratas dalam survei elektabilitas calon presiden (capres) 2024 versi Indonesia Polling Stations (IPS). Prabowo meninggalkan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di bawahnya.

"Hasil survei IPS menunjukkan bahwa tiga kali mengikuti kontestasi pilpres, telah menempatkan Prabowo Subianto sebagai capres paling populer dan diterima publik," kata Peneliti Senior IPS Alfin Sugianto dalam rilis survei secara daring yang bertajuk Perkembangan Elektabilitas Capres di Tengah Hiruk Pikuk Koalisi Partai Politik, Senin (27/6/2022).



Tingginya elektabilitas Prabowo, lanjut Alfin, ditunjang posisinya yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Jabatan itu membuatnya tetap di dikenal publik dan mempertahankan diri sebagai tokoh yang populer dan diterima masyarakat.

"Popularitas Prabowo berada di angka 97.0 persen, sedangkan akseptabilitasnya 75,2 persen," ujar Alfin.

Sementara itu, dua nama tokoh pesaing Prabowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo secara berurutan berada di peringkat tiga dan delapan.



Untuk Anies, elektabilitas 91.8 persen dan akseptabilitas 71.2 persen. Sedangkan Ganjar, elektabilitas 82.6 persen dan akseptabilitas 70.4 persen.

Sebagai informasi, survei tersebut dilakukan pada 13-23 Juni 2022 di 34 Provinsi di Indonesia dengan populasi warga negara Indonesia yang telah memiliki KTP atau 17 tahun.

Jumlah sampel sebesar 1.220 responden, dengan margin eror +/-2.8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara probability dengan teknik acak bertingkat yang pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara tatap muka.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)