KSAD Dudung: Doktrin Operasi Militer TNI AD Perlu Penyesuaian

Senin, 27 Juni 2022 - 11:59 WIB
loading...
A A A
Menurut Dudung, pandangan dan masukan narasumber dari berbagai kalangan inilah yang nantinya akan memperkaya rumusan perubahan doktrin operasi militer matra darat. Serta rumusan peningkatan strategi kemampuan intelijen, pembinaan teritorial, hingga konsepsi taktik bertempur prajurit Kartika Eka Paksi di masa kini dan mendatang.

Beberapa makalah atau materi yang direncanakan akan mengisi Seminar Nasional TNI AD VI Tahun 2022, di antaranya makalah utama dari KSAD Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. yang bertajuk “TNI Angkatan Darat, Masa Kini dan Masa Depan”. Kemudian makalah dari Menhan RI berjudul “Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) dalam Menghadapi Ancaman Perang Masa Kini dan Masa Depan”.

Juga ada makalah dari Gubernur Lemhannas RI berjudul “Transformasi Perang Darat dan Reaktualisasi Doktrin Operasi Militer Matra Darat”, serta makalah Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin berjudul “Penguatan Sistem Operasi Militer Matra Darat yang Komprehensif dalam Menghadapi Ancaman Peperangan Masa Kini dan Masa Depan”.

Selain itu, masih ada empat makalah lain yang membahas seputar relevansi doktrin dengan ancaman perang, penguatan operasi kemampuan intelijen, grand strategy pembinaan teritorial, serta perubahan karakter perang dihadapkan dengan taktik bertempur matra darat. Semua topik tersebut dikaitkan dengan kondisi peperangan dan ancaman di masa kini dan di masa depan.
(muh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)