Rencana Jokowi Temui Zelensky dan Putin Perlihatkan Peran Indonesia Usahakan Perdamaian

Sabtu, 25 Juni 2022 - 06:45 WIB
loading...
Rencana Jokowi Temui Zelensky dan Putin Perlihatkan Peran Indonesia Usahakan Perdamaian
Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani mengatakan bahwa rencana Jokowi menemui Volodymyr Zelensky dan Vladimir Putin itu memperlihatkan peran Indonesia semakin nyata dalam mengusahakan perdamaian. Foto/Instagram Christina Aryani
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin . Kunjungan Jokowi itu rencananya dilakukan setelah menghadiri KTT G7 di Jerman pada 26-27 Juni 2022.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani mengatakan bahwa rencana Jokowi menemui Volodymyr Zelensky dan Vladimir Putin itu memperlihatkan peran Indonesia semakin nyata dalam mengusahakan perdamaian. Maka itu, Christina Aryani menilai tepat langkah Jokowi yang berencana menemui Volodymyr Zelensky dan Vladimir Putin itu.

“Rencana presiden tersebut merupakan langkah tepat, karena Indonesia bisa punya kontribusi semakin jelas dalam konflik Rusia dan Ukraina yang kita ketahui bersama dampaknya sekarang makin kompleks,” kata Christina, Sabtu (25/6/2022).





Lebih dari itu, lanjut Christina, sikap aktif Presiden Jokowi ini membuktikan Indonesia tidak hanya diam, tetapi sebaliknya yakni memiliki keberanian mengambil sikap. Christina mengungkapkan, Presiden Jokowi merupakan pimpinan negara pertama di Asia yang melakukan kunjungan ke Rusia dan Ukraina.

“Situasi perang Rusia dan Ukraina kita pahami sangat kompleks. Banyak negara mungkin ragu mengambil langkah, tetapi Indonesia berani melakukan ini dengan tentunya pertimbangan utama kemanusiaan, sehingga sudah sewajarnya kita apresiasi dan harus didukung,” kata Christina, politikus Partai Golkar ini.

Sekadar diketahui sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menjelaskan rencana Presiden Jokowi mengunjungi Kiev, Ukraina, dan Moskow, Rusia. Kunjungan Jokowi itu dilakukan setelah menghadiri KTT G7 di Jerman pada 26-27 Juni 2022.

Jokowi direncanakan akan melakukan pertemuan secara langsung dengan kedua pimpinan negara. "Dalam kunjungan ke Kiev dan Moskow, tentunya Bapak Presiden akan melakukan pertemuan dengan Presiden Zelensky dan Presiden Putin," ujar Retno.

Retno mengungkapkan, Jokowi ingin berkontribusi di tengah masalah yang sangat rumit akibat perang Rusia dan Ukraina. Retno mengakui, meskipun situasinya sulit dan masalahnya kompleks, sebagai Presiden G20 dan salah satu anggota Champion Group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk Sekjen PBB, Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi, tidak memilih untuk diam.

Setelah dari Ukraina dan Rusia, Jokowi akan melanjutkan kunjungan ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Dalam kunjungan itu, Jokowi akan menindaklanjuti kerja sama di bidang ekonomi.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)