Profil Surindro Supjarso, Suami Pertama Megawati yang Menjadi Nama Gedung ACMI

Kamis, 23 Juni 2022 - 12:59 WIB
loading...
Profil Surindro Supjarso, Suami Pertama Megawati yang Menjadi Nama Gedung ACMI
Surindro Supjarso akhirnya diresmikan menjadi nama gedung di lapangan udara (lanud) Iswahjudi, Magetan Jawa Timur oleh TNI AU pada Kamis, 16 Juni 2022 lalu. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Surindro Supjarso akhirnya diresmikan menjadi nama gedung di lapangan udara ( lanud ) Iswahjudi, Magetan Jawa Timur oleh TNI AU pada Kamis, 16 Juni 2022 lalu.

Pemberian nama Surindro Supjarso pada Gedung Air Combat Maneuvering Instrumentation (ACMI) ini diketahui sebagai penghargaan atas jasa perjuangan para pendahulu bangsa, khususnya Surindro Supjarso sendiri.

Baca juga : KSAU Beri Penghargaan Personel Lanud Halim Perdanakusuma

Lantas, siapakah sebenarnya sosok Surindro Supjarso ini?

Letnan Satu Penerbang Surindro Supjarso merupakan perwira menengah di Tentara Nasional Angkatan Udara (TNI AU) Republik Indonesia. Dalam penampilannya, dia dikenal dengan tubuh yang tinggi jangkung serta model rambut berjambul.

Dikutip dari situs TNI AU, dalam riwayatnya, Kapten Pnb Anumerta Surindro Supjarso merupakan penerbang TU-16 KS Skadron Udara 42.

Sayangnya, dia harus gugur dalam salah satu tugas yang dilakukannya. Kala itu, pesawat Skyvan T-701 yang diterbangkannya mengalami kecelakaan dan terjatuh di Perairan Biak, Papua. Tepatnya pada tahun 1970.

Setelahnya, pencarian terhadap Surindro pun terus dilakukan. Namun, jenazah dan pesawatnya tidak membuahkan hasil

Saat itu, Surindro Supjarso juga masih berstatus sebagai suami dari Presiden Kelima Indonesia, Megawati Soekarnoputri. Sebelumnya mereka menikah pada tahun 1968 dan memiliki dua anak, yaitu Mohammad Prananda dan Mohammad Rizki Pratama.

Dalam riwayatnya, Surindro Supjarso adalah sahabat dekat dari kakak Megawati, yaitu Guntur Soekarnoputra. Dari situ, munculah isu bahwa Guntur yang sebelumnya menjodohkan Surindro dengan Mega.

Baca juga : Megawati Soekarnoputri Profesor Kehormatan Universitas Pertahanan

Nama Surindro Supjarso pada akhirnya diabadikan sebagai nama gedung ACMI di Lanud Iswahjudi, Magetan. Peresmian ini dilakukan pada 16 Juni 2022 dengan dihadiri langsung Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo serta Ketua DPR RI Puan Maharani. Sedangkan, Megawati sendiri menghadirinya secara daring.

Di sela-sela peresmian gedung Surindro Supjarso ini, Kasau berharap kehadiran ACMI bisa menginspirasi generasi muda penerus Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) agar selalu semangat dan meniti ilmu pertempuran udara modern.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)