Politikus Demokrat Ingatkan Pesan AHY soal Kuda Hitam

Rabu, 22 Juni 2022 - 18:53 WIB
loading...
Politikus Demokrat Ingatkan Pesan AHY soal Kuda Hitam
Elektabilitas Partai Demokrat yang mencapai 11,6% menjadi bukti besarnya harapan masyarakat terhadap partai besutan SBY itu pada Pemilu 2024. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Demokrat Jemmy Setiawan menyambut baik hasil survei yang menunjukkan elektabilitas partainya terus meningkat. Namun ia mengingatkan agar kader partai tetap berpegang pada arahan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Menurutnya, elektabilitas Partai Demokrat yang mencapai 11,6% dan masuk partai papan atas, menjadi bukti besarnya harapan masyarakat terhadap partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu pada Pemilu 2024.

"Tentunya sebagai kader Partai Demokrat mengucapkan rasa terima kasih atas kepercayaan masyarakat kepada Partai Demokrat. Pasti harapan besar perubahan bangsa kepada Partai Demokrat," kata Deputi II BPOKK DPP Partai Demokrat ini, Rabu (22/7/2022).

Baca juga: Koalisi dengan PKB dan PKS, Demokrat Klaim Akan Jadi Poros Utama

Jemmy menilai masyarakat sudah cerdas, terutama dalam menghadapi Pemilu 2024. Masyarakat tahu partai yang dipercaya dan dipilih adalah yang bisa membuat bangsa Indonesia lebih baik. "Saya berpendapat elektabilitas Partai Demokrat adalah hasil dari pilihan rasional masyarakat," katanya.

Menurutnya, AHY selalu menekankan kepada kadernya agar terus bekerja meski hasil beberapa survei menunjukkan elektabilitas Partai Demokrat menunjukkan angka yang baik.

"Pasti arahan Ketum AHY tidak harus jumawa dan terlena dari hasil survei, tapi kerja dan kerja seperti kuda hitam, menang tanpa diduga," ujarnya.

Jemmy tidak menampik naiknya ektabilitas Partai Demokrat karena konsistennya menolak presiden tiga periode dan perpanjangan jabatan presiden. Selain itu, keberadaan posisi Partai Demokrat di luar pemerintahan.

"Partai menjaga sikap sejarah amanat reformasi, yaitu menolak tiga priode dan perpanjangan jabatan presiden. Upaya semua itu atas dasar keinginan rakyat," katanya.

Untuk diketahui, Litbang Kompas merilis hasil survei elektabilitas partai politik terbaru. Di urutan pertama masih ditempati PDIP dengan 22,8%, disusul Partai Gerindra 12,5%, dan Partai Demokrat 11,6%.

Survei periodik ini dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 26 Mei-4 Juni 2022. Ada 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis di 34 provinsi Indonesia.

Tingkat kepercayaan metode ini 95 persen dengan margin of error +-2,8 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Kesalahan di luar pemilihan sampel dimungkinkan terjadi.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)