Ini Perbedaan Pangkat Polisi Kombes, Komjen, dan Kompol

Rabu, 22 Juni 2022 - 11:20 WIB
loading...
Ini Perbedaan Pangkat Polisi Kombes, Komjen, dan Kompol
Perbedaan pangkat polisi Kombes, Komjen dan Kompol di instansi Polri bisa terlihat dari tanda yang melekat di bagian bahu seragamnya. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perbedaan pangkat polisi Kombes, Komjen dan Kompol di instansi Polri bisa terlihat dari tanda yang melekat di bagian bahu seragamnya . Masing-masing pangkat memiliki perbedaan tanda tersendiri.

Tanda kepangkatan Polri merupakan daftar tanda pangkat yang digunakan oleh Kepolisian Negara Indonesia. Sebagaimana tanda kepangkatan lainnya, kepangkatan Polri terdiri atas jajaran pangkat perwira tinggi, perwira menengah, perwira pertama, bintara tinggi, bintara, dan tamtama.

Baca juga : Ada 3 Golongan, Ini 22 Urutan Pangkat Polisi dari Tamtama sampai Perwira

Untuk Komisaris Jenderal Polisi (Komjen) berada pada struktur Perwira Tinggi bersama Jenderal Polisi, Irjen dan Brigjen yang ditandai dengan pangkat berlambang bintang diseragamnya. Sementara untuk Kombes dan Kompol berada di dalam struktur perwira menengah yang ditandai dengan bunga.

1. Komisaris Jenderal Polisi (Komjen)

Pangkat polisi ini berada di posisi kedua tepat di bawah Jenderal Polisi yang ada di golongan Perwira Tinggi. Pangkat Komjen ini setara dengan pangkat Letnan Jenderal, Laksamana Madya, dan Marsekal Madya pada struktur kepangkatan TNI. Sebelumnya pangkat ini dikenal sebagai Letnan Jenderal Polisi.



Jabatan yang biasa ditempati oleh Komjen ini adalah Kepala BNN, Wakapolri, hingga Kabaintelkam. Komjen juga bisa menjadi Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan maupun Kepala Badan Intelijen dan Keamanan bila telah direstrukturisasi. Bila di luar lingkungan Polri Komjen menduduki posisi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. Tanda pangkat yang diberikan adalah bintang 3 berwarna emas.

2. Komisaris Besar (Kombes)

Pejabat polisi yang berhak menyandang pangkat ini adalah Polda, Kapolres Metro, Kapolrestabes dan Kapolresta yang memenuhi syarat. Lambang dari Kombes ini berupa tiga bunga sudut lima. Dulunya pangkat ini bernama Kolonel sebelum tahun 2001.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1999 seconds (11.97#12.26)