Elektabilitas Naik Signifikan, Partai Perindo Punya Modal Kuat Duduk di Senayan

Selasa, 21 Juni 2022 - 19:27 WIB
loading...
Elektabilitas Naik Signifikan, Partai Perindo Punya Modal Kuat Duduk di Senayan
Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur, Surokim Abdus Salam. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pengamat politik Surokim Abdus Salam mengatakan, tren kenaikan elektabilitas yang signifikan diraih Partai Persatuan Indonesia ( Perindo ), dipastikan bakal meloloskan partai tersebut ke Senayan. Ini berdasarkan hasil survei terbaru Litbang Kompas, di mana elektabilitas Partai Perindo 3,3%.

Baca juga: Elektabilitas Perindo Meningkat, Heri Budianto: Ini Motivasi bagi Kami

" Partai Perindo dari 1,6% ke 2,5% menjadi 3,3%. Tren kenaikan yang signifikan dan menjanjikan, bisa menjadi modal baik untuk menjadi partai parlemen," kata Surokim, Selasa (21/6/2022).

Baca juga: Popularitas hingga Program Partai Jadi Faktor Elektabilitas Perindo Melejit



Pengajar di Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur tersebut mengungkapkan, di saat elektabilitas partai lain stagnan dan juga banyak yang menurun, Partai Perindo mampu menunjukkan tren positif.

Bahkan, elektabilitas partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu melampaui dan menempel partai senior yang berada di Senayan.

"Ini bisa menguatkan dan menjadi semangat bagi Partai Perindo untuk menjadi partai yang berada parlemen," ungkapnya.

Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC) tersebut menambahkan, dengan modal 3,3% per Juni 2022 dari hasil survei Litbang Kompas dipublikasikan hari ini tentu menjadi kabar baik.

Padahal, pada survei Litbang Kompas sebelumnya di Januari 2022, elektabilitas Partai Perindo pada angka 2,5%. Dengan demikian, Partai Perindo masih bisa meningkatkan trend elektabilitasnya menuju 4% sebagaimana dipersyaratkan dalam parliamentary threshold (PT) di Pemilu 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5278 seconds (0.1#10.140)