Pasukan Elite dari 3 Matra TNI Berhasil Lumpuhkan Teroris di Jakarta Utara

Selasa, 21 Juni 2022 - 15:16 WIB
loading...
Pasukan Elite dari 3 Matra TNI Berhasil Lumpuhkan Teroris di Jakarta Utara
Satgultor TNI menggelar latihan komando operasi khusus penanggulangan aksi terorisme, Selasa (21/6/2022). FOTO/PUSPEN TNI
A A A
JAKARTA - Satuan Penanggulangan Teror TNI ( Satgultor TNI ) menggelar latihan komando operasi khusus penanggulangan aksi terorisme , Selasa (21/6/2022). Dalam latihan itu, pasukan elite TNI ini melumpuhkan Teroris Manequin yang melakukan penyerangan ke Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara dan menyandera tamu VVIP.

Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut Edys Riyanto mengatakan, pasukan Satgultor yang diturunkan merupakan gabungan dari para pasukan elite 3 matra. Di antaranya, Sat-81 Kopassus (TNI AD), Detasemen Jalamengkara atau Denjaka (TNI AL), dan Satbravo 90 Kopasgat (TNI AU).

"Pasukan Satgultor TNI yang diterjunkan untuk melumpuhkan teroris dan melaksanakan operasi pembebasan sandera di Hotel Mercure Ancol terdiri dari Sat-81 Kopassus TNI AD, Denjaka TNI AL, dan Satbravo 90 Kopasgat TNI AU," tutur Edys dalam keterangan yang diterima, Selasa (21/6/2022).

Pasukan Elite dari 3 Matra TNI Berhasil Lumpuhkan Teroris di Jakarta Utara


Edys menuturkan, di Hotel Mercure Ancol, operasi diawali oleh Tim Intelijen yang melaksanakan operasi. Kemudian, Tim Combat Freefall melaksanakan infiltrasi melalui media udara dengan teknik penerjunan free fall untuk masuk ke sasaran secara rahasia tanpa terdeteksi oleh musuh.

Selanjutnya peterjun mengambil posisi untuk pengamanan kepada pasukan yang akan melaksanakan infiltrasi berikutnya. Tim Sniper pun sudah disiapkan di atas tower peluncuran untuk melaksanakan penembakan terhadap teroris yang berjaga di depan lobby Hotel Mercure.

Setelah teroris berhasil dilumpuhkan dan sandera diselamatkan, kata Edys, satu unit Helly Bell datang untuk membantu proses evakuasi sandera dengan menggunakan teknik stabo.

"Aksi ini adalah sebuah skenario latihan Komando Operasi Khusus dalam meningkat kamampuan satuan TNI dalam melaksanakan operasi penanggulangan aksi terorisme di Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)