Beri Pesan Calon Dansat, Letjen TNI Agus: Jadi Bagian Prajurit, Tak Ada Jarak

Sabtu, 18 Juni 2022 - 03:52 WIB
loading...
Beri Pesan Calon Dansat, Letjen TNI Agus: Jadi Bagian Prajurit, Tak Ada Jarak
Wakasad Letjen TNI Agus Subiyanto. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto memberikan pembekalan kepada Calon Komandan Satuan (Dansat) di Aula A.H Nasution, Mabesad, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2022).

Mereka yang dibekali ialahDanrindam, Danbrigif, Danbrigkav, Dangrup hingga Danmen.Agus berpesan kepada para Kolonel ini untuk memangkas jarak antara pimpinan dan para anak buah. Menurut dia, para calon komandan nantinya harus mau untuk berlatih bersama.

”Jadikan dirimu sebagai bagian dari prajurit, tidak ada jarak, namun tetap diatur oleh hierarki, Jangan enggan atau bosan untuk berlatih bersama prajuritmu,” ucap Agus dalam keterangan tertulis, Jumat (17/6/2022).

Tak hanya itu, orang nomor dua di matra darat ini meminta agar para Komandan Satuan dapat menciptakan keterbukaan, kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungannya. Sebab, pemimpin harus dapat berperan sebagai komandan, guru, orang tua dan teman.

Di samping itu Dansat juga harus bisa membangun militansi prajurit. Menurut dia, pemimpin harus mampu memberikan contoh dalam tugas maupun perintah.

”Sadari bahwa kehebatan TNI AD bukan ditentukan oleh Alutsista yang dimiliki, namun yang terpenting adalah jiwa dan semangat serta profesionalisme prajurit,” ungkapnya.

Dirinya pun berharap, peaksanaan pembinaan satuan (Binsat) dapat dilakukan secara efektif. Sehingga pencapaiannya lebih terarah dalam mendukung tugas pokok TNI AD ke depannya.

“Saya ingin menekankan kepada para Calon Dansat agar Binsat dilaksanakan secara benar, di samping itu saya ingin memaksimalkan kualitas pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki Dansat,” ujarnya.

Pati bintang 3 ini mengingatkan agar para Dansat dapat mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Serta, berani mengambil langkah-langkah konkret guna menyelesaikan masalah yang dihadapi para anggota nantinya.

”Libatkan eselon terdepan dalam pengambilan keputusan. Jangan biarkan Prajurit bertempur sendirian. Dansat dan seluruh Perwira harus senantiasa berada di tengah-tengah anggota, serta tak lupa memperhatikan kesejahteraan anggota dan keluarganya,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2104 seconds (0.1#10.140)