Ungkap Efektivitas SIN, Disertasi Hadi Poernomo Raih Penghargaan MURI

Kamis, 16 Juni 2022 - 22:42 WIB
loading...
Ungkap Efektivitas SIN, Disertasi Hadi Poernomo Raih Penghargaan MURI
Mantan Dirjen Pajak Hadi Poernomo dan juga Universitas Pelita Harapan (UPH), mendapat piagam penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Mengangkat disertasi berjudul Eksistensi SIN Dalam Bank Data Perpajakan Sebagai Upaya Hukum Pencegahan Tindak Pidana Korupsi, mantan Dirjen Pajak Hadi Poernomo diganjar penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Baca juga: Trade Expo Indonesia Sukses Sabet Rekor MURI

Ungkap Efektivitas SIN, Disertasi Hadi Poernomo Raih Penghargaan MURI


Baca juga: Dokter Siloam Hospitals Raih Dua Penghargaan MURI

Tak hanya Hadi Poernomo, Universitas Pelita Harapan (UPH) juga mendapatkan penghargaan yang sama dari MURI, sebagai perguruan tinggi pertama dan doktor hukum pertama yang melakukan uji publik disertasi yang dihadiri oleh lebih dari 1.500 peserta sebelum sidang terbuka.

Mantan Dirjen Pajak Hadi Poernomo mengungkapkan, tentang solusi melunasi utang negara yang terus membengkak. Caranya adalah dengan menerapkan Single Indentity Number (SIN) Pajak.

"SIN adalah sistem informasi yang terintegrasi berisi data-data baik finansial maupun nonfinansial. Dengan menerapkan SIN, semua pihak diwajibkan untuk membuka dan menyambungkan sistemnya ke pajak, termasuk yang rahasia," kata Hadi Poernomo usai mengikuti wisuda S3 di UPH, Karawaci, Tangerang, Banten, Rabu (15/6/2022).

Hadi Poernomo yang merupakan lulusan terbaik doktor hukum dengan predikat summa cum laude ini menjelaskan, dengan begitu, semua pihak terpaksa jujur sehingga tak ada lagi yang menggelapkan pajaknya.

"Hasilnya, tax ratio akan naik. Penerimaan pajak yang tinggi ini bisa digunakan untuk membayar semua utang negara. Jadi SIN ini bisa menyelesaikan SUN, semua utang negara," ungkap Hadi.

Uji publik ini menguji dari sisi feasebility dan kemanfaatan di masyarakat atas novelty (kebaruan) pemikiran ilmu pengetahuan dalam sebuah disertasi. Hal tersebut sejalan dengan yang tertulis dalam penelitian bahwa sebuah penelitian memiliki manfaat teoritis dan manfaat praktis.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1538 seconds (11.210#12.26)