Mendagri Wakili Presiden Jokowi Hadiri Peluncuran Tahapan Pemilu 2024

Selasa, 14 Juni 2022 - 21:17 WIB
loading...
Mendagri Wakili Presiden Jokowi Hadiri Peluncuran Tahapan Pemilu 2024
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menghadiri langsung acara Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Kantor KPU, Jakarta Pusat Selasa (14/6/2022) malam. Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menghadiri langsung acara Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Kantor KPU, Jakarta Pusat Selasa (14/6/2022) malam. Dalam kesempatan itu, Tito datang mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berhalangan hadir.

Dalam pidatonya, Tito menyampaikan bahwa Presiden Jokowi mendukung gelaran kontestasi politik 2024 bisa terlaksana. "Saya mewakili Bapak Presiden. Dalam beberapa kali rapat kabinet bahkan saat bertemu komisioner, pemerintah mendukung penuh pelaksanaan Pemilu," ujar Tito dilihat dari tayangan yang disiarkan YouTube KPU.

Dia melanjutkan, dalam beberapa kesempatan pula, Presiden telah memerintahkan jajarannya untuk selalu membantu KPU dalam menyiapkan pesta demokrasi 5 tahunan tersebut. "Presiden memerintahkan Mendagri, Menkeu dan seluruh jajaran pemerintah termasuk TNI-Polri, Pemda mendampingi KPU untuk pengadaan logistik hingga pendanaan ya yang diperlukan," katanya.





Dia memaparkan, Presiden juga berpesan kepada KPU untuk tidak ragu menyiapkan pemilu secara detail dan rapih. Dirinya turut menyinggung penekanan Jokowi saat bertemu komisioner KPU beberapa waktu lalu. Di mana, kualitas pemilu harus lebih jauh ditingkatkan.

"Indonesia, kita harus menjadi rujukan dunia dalam penyelenggaraan pemilu. Dorong partisipasi pemilih, dan berikan pendidikan politik agar paham haknya dalam election. Karena ini menentukan perjalanan bangsa. Kita itu salah satu negara yang partisipasi pemilunya tinggi di dunia, 81 persen," tuturnya.

Sebelumnya, DPR bersama KPU telah menyepakati tahapan Pemilu 2024 akan dimulai pada 14 Juni 2022. Kesepakatan ini dicapai dalam rapat konsultasi antara anggota KPU dengan pimpinan DPR, Senin (6/6/2022) siang.

"Tadi sudah sama-sama disepakati antara KPU dan DPR melalui Komisi II dan pemerintah, bahwa tahapan Pemilu akan dimulai Insya Allah sesuai dengan jadwal yang ada yakni 14 Juni 2022," kata Ketua DPR, Puan Maharani dalam jumpa pers di Kompleks Parlemen, Jakarta.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3148 seconds (0.1#10.140)