Perindo: Parpol Senayan Kini Melihat Adanya Koalisi Partai Nonparlemen

Senin, 13 Juni 2022 - 22:18 WIB
loading...
Perindo: Parpol Senayan Kini Melihat Adanya Koalisi Partai Nonparlemen
Ketua DPP Partai Perindo Heri Budianto menyatakan, koalisi partai politik nonparlemen tidak lagi dipandang sebelah mata oleh partai-partai di Senayan. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua DPP Partai Perindo Heri Budianto menyatakan, koalisi partai politik nonparlemen tidak lagi dipandang sebelah mata oleh partai-partai di Senayan. Sebab, dari keseluruhan suara yang dihimpun koalisi ini cukup besar, yakni mencapai 9,7 persen atau sebanyak 13,5 juta suara nasional.



Hal itu dikarenakan, masih banyak partai politik yang membutuhkan suara untuk melenggangkan langkah mencalonkan capres dan cawapres di Pilpres 2024. Diketahui, hanya PDIP saja yang bisa otomatis melakukan hal tersebut.

"Atleast itu Prabowo itu harus ada tambahan suara, kecuali PDIP ya. Artinya kursi dan suara kami 9,7 persen sangat dinanti oleh partai politik," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, 7 partai politik nonparlemen sepakat untuk membentuk poros baru pada Pemilu 2024. Poros baru tersebut mantap dibentuk setelah tujuh sekretaris jenderal parpol nonparlemen melakukan pertemuan pada Kamis (9/6/2022).

Adapun, tujuh parpol nonparlemen itu yakni Partai Perindo, Berkarya, PBB, Hanura, Garuda, PSI, dan PKP. Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersifat inklusif dan terbuka dengan partai mana pun yang ingin bergabung.

KIB membuka pintu selebar-lebarnya bagi seluruh partai, termasuk partai nonparlemen. "Semua termasuk. Jadi yang di parlemen maupun nonparlemen terbuka, karena sifatnya inklusif," ujar Airlangga di Jakarta, Senin (13/6/2022).
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2307 seconds (0.1#10.140)