Penanganan Pandemi Jadi Kunci Indonesia Kuat Hadapi Ancaman Krisis Global

Senin, 13 Juni 2022 - 19:11 WIB
loading...
Penanganan Pandemi Jadi Kunci Indonesia Kuat Hadapi Ancaman Krisis Global
Penanganan pandemi Covid-19 dinilai menjadi kunci Indonesia tetap kuat menghadapi ancaman krisis global. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Penanganan pandemi Covid-19 dinilai menjadi kunci Indonesia tetap kuat menghadapi ancaman krisis global . Pemerintah pun optimistis perekonomian bakal semakin bertumbuh pada 2022.

"Kita tidak boleh lengah. Kita sadar bahwa kunci pemulihan ekonomi itu pada penanganan pandemi. Sekarang pandemi terkendali. Tantangannya bagaimana Covid-19 tidak naik lagi," kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Edy Priyono, Senin (13/6/2022).

Dia mengungkapkan, aktivitas perekonomian di Indonesia saat ini terus meningkat. Tempat wisata dan hiburan juga sudah dibuka.



Kendati demikian, kegiatan masyarakat harus tetap diimbangi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat agar pemulihan ekonomi dan pengendalian Covid-19 bisa tetap berjalan. "Selama Covid-19 terkendali, saya yakin pemulihan ekonomi akan tetap pada jalurnya," tutur Edy.

Lancarnya program vaksinasi nasional juga menjadi faktor lain yang juga penting untuk pengendalian Covid-19. Data Satgas Covid-19 menyebutkan sebanyak 200.845.766 sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dari total sasaran 208.265.720.

Sementara itu, penerima vaksinasi dosis kedua sudah 168.068.616 dan penerima vaksinasi booster sudah 47.631.247. Dari sisi kebijakan ekonomi, kata Edy, permintaan terhadap produk sudah meningkat seiring keputusan pemerintah melonggarkan mobilitas masyarakat.

Baca juga: Jokowi soal Penanganan Covid-19: Hampir Rp1.400 Triliun Hilang

Pemerintah juga berusaha menjaga daya beli masyarakat dengan memberikan bantuan sosial kepada kelompok tidak mampu. "Pengendalian harga juga penting, kalau ada kenaikan tapi tidak terlalu besar. Masih ada subsisidi juga. Stabilitas ekonomi makro juga tidak bisa dilupakan, bagaimana menjaga nilai tukar," ucap Edy.

Lebih lanjut dia mengatakan, pekerjaan lainnya bagaimana mendorong penyerapan tenaga kerja. Dia mengakui, UKM yang jumlahnya sekitar 40 juta bagian penting untuk ekonomi Indonesia tetap bertahan. Namun, tidak bijak kalau mengandalkan UKM untuk menyerap tenaga kerja lebih banyak.

"Sekarang jumlah angka pengangguran sudah semakin berkurang. Pasar kerja mulai pulih tapi belum sepenuhnya. Kita tetap memerlukan sektor usaha skala besar dengan upah layak sehingga bisa mendorong penyerapan tenaga kerja," katanya.

Sekadar diketahui, Bank Dunia melalui laporannya bertajuk Global Economic Prospect June 2022 menilai bahwa ekonomi Indonesia menjadi salah satu yang paling kuat di tengah situasi risiko global. Bank Dunia memprediksi ekonomi Indonesia bakal berada di level 5,1% pada 2022 atau hanya turun 0,1% dari proyeksi sebelumnya.

Padahal, negara-negara kuat seperti Amerika Serikat dan China mengalami revisi pertumbuhan ekonomi lebih besar, masing-masing 1,2% dan 0,8%. Pertumbuhan ekonomi Rusia diperkirakan terkontraksi 8,9% atau turun dari proyeksi sebelumnya sebesar 11,3 persen. Penilaian dari Bank Dunia tentu jadi kabar baik buat Indonesia.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3249 seconds (0.1#10.140)