Pramunas Sepakati Musyawarah Nasional ASA Digelar Agustus 2022

Rabu, 08 Juni 2022 - 17:07 WIB
loading...
Pramunas Sepakati Musyawarah Nasional ASA Digelar Agustus 2022
Alumni Society of ALSA (ASA) melaksanakan Pramunas Pertama pada 28-29 Mei 2022. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Alumni Society of ALSA (ASA) melaksanakan Pramunas Pertama pada 28-29 Mei 2022. Kegiatan ini dihadiri pengurus sementara (caretaker) dan representative team dari 14 universitas negeri di Indonesia.

Untuk diketahui, ASA yang merupakan perkumpulan alumni sebuah organisasi kemahasiswaan hukum berskala internasional bernama Asian Law Student Association (ALSA). ALSA saat ini beranggotakan 14 chapter dari 14 universitas negeri di seluruh Indonesia antara lain Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Jember (UJ), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Udayana (Unud), Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Sriwijaya (Unsri), Universitas Andalas (Unand), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Sam Ratulangi (Unsrat).

Ketua Umum Caretaker ASA, Sonia Ramadhani Syukur, menyatakan, lebih dari 10.000 alumni ALSA tersebar di seluruh Indonesia. Pendirian ASA memiliki tujuan sebagai wadah berjejaring para alumni ALSA sekaligus untuk memberikan dampak lebih besar atas kontribusi kepada organisasi dan masyarakat luas.

Baca juga: Peradi SAI Serukan Munas Penyatuan Kepengurusan Adokat

Sonia menjelaskan, selain dirinya, ada juga perwakilan alumni lain di susunan caretaker ASA. Antara lain, RM Nasatya Danisworo (Bidang Internal), Muhamad Philosophi (Bidang Eksternal), Johan Imanuel (Bidang Hukum), Mohammad Fajar Mahardika (Bidang Kesekretariatan), dan Bryan Joshua De Sandre (Bidang Keuangan).

Caretaker ASA bertugas hingga Musyawarah Nasional (Munas) dan terpilihnya Ketua Umum definitif ASA Pertama. Sebagai langkah awal adalah melaksanakan Pramunas.

"Kami juga telah melaksanakan rangkaian acara sebelum diadakannya Pramunas ini antara lain membuka webinar hukum terkait perlindungan konsumen, ASA Hearing di 14 universitas negeri Chapter ALSA, Fun Activity seperti Basketball Competition dan Donasi ASA," kata Sonia.

Sementara itu, RM Nasatya Danisworo mengungkapkan, Pramunas ASA merupakan acara pembuka dan sebagai gerbang musyawarah dengan para alumni yang akan menjadi member ASA sebelum dilaksanakannya munas pertama dan memilih Ketua Umum definitif pertama ASA. Caretaker sudah melakukan persiapan sejak dua pekan lalu dengan membentuk Panitia Penyelenggara Pramunas ASA yang dibantu Pengurus National Board ALSA periode 2022-2023.

"Pramunas yang dihadiri lebih dari 40 alumni representative dari 14 chapter baik secara offline maupun online telah mencapai beberapa kesepakatan, terutama terkait draf Anggaran Dasar, Tata Tertib, Kategori pencalonan Ketua Umum definitif ASA dan Dewan Pembina," kata Nasyat.

Program besar selanjutnya adalah pelaksanaan Munas ASA Pertama pada Agustus 2022. Caretaker berharap setelah tercapainya Munas, maka ASA dengan pengurus dan semangat baru, bisa mengakselerasikan program-programnya lebih luas, termasuk mengembangkan jejaring kerja dan silaturahmi sesama alumni ALSA.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)