Presidensi G20 Momentum Jokowi Wujudkan Kekuatan Politik dan Ekonomi Indonesia

Jum'at, 03 Juni 2022 - 16:17 WIB
loading...
Presidensi G20 Momentum Jokowi Wujudkan Kekuatan Politik dan Ekonomi Indonesia
Kepemimpinan Presiden Jokowi dalam KTT G20 kian membuktikan kekuatan politik luar negeri Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 kian membuktikan kekuatan politik luar negeri Indonesia. Kehadirannya dinilai membawa dampak positif bagi kesejahteraan bangsa.

Wakil Rektor Universitas Udayana (Unud) Ngakan Putu Gede Suardana menyampaikan karakteristik kepemimpinan Jokowi mampu menciptakan situasi yang humanis. Membuat hubungan antar pemimpin negara-negara dunia kondusif.

Presidensi G20 Indonesia, menurut dia, semakin memperlihatkan peran penting Indonesia terhadap setiap kebijakan yang berkaitan dengan keamanan dunia. Terutama kebijakan yang berkaitan langsung dengan kehidupan masyarakat. “Bagaimana Pak Jokowi ini bisa menunjukkan kredibilitas Indonesia bahwa Indonesia mampu untuk memimpin Presidensi G20,” katanya.



Dia menyebut kepemimpinan Jokowi semakin membuat dunia mengakui peran besar Indonesia. Lebih dari itu membuat tingkat kepercayaan kepada negara-negara berkembang terus menguat. Menurut dia hal demikian menjadi sesuatu yang sangat baik. Khususnya dalam membangun komunikasi politik dalam pergaulan Indonesia terhadap dunia.



“Ini sangat luar biasa jurus beliau jadi tidak saja hanya untuk Negara-negara G20, 19 negara dan satu kawasan. Tetapi untuk seluruh negara negara kecil pun yang ada baik itu di Pasifik,” ucapnya.

Peranan aktif Indonesia, lanjut dia, menjadi momentum untuk menunjukkan bahwa negara berkembang memiliki potensi besar. Terutama dalam upaya menciptakan perbaikan besar bagi dunia. “Negara kecil yang tidak tergabung dalam G20 semua dilibatkan semua diundang untuk diberikan kesempatan hadir. Itu sangat luar biasa,” ujarnya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)