Teknologi Rumah Tahan Gempa Membuat Indonesia Siap Menghadapi Bencana Alam

Senin, 30 Mei 2022 - 22:19 WIB
loading...
A A A
Vice President Tatalogam Group Stephanus Koeswandi menjelaskan, Indonesia menghadapi tantangan bencana dan perubahan iklim yang semakin kompleks, dinamis, dan penuh ketidakpastian. "Kesiapsiagaan harus terus ditingkatkan. Hal tersebut tidak berlebihan lantaran faktanya Indonesia adalah negara rawan bencana karena dilalui oleh Sirkum Pasifik atau yang lebih dikenal dengan Cincin Api Pasifik dan Sabuk Mediterania. Bahkan Indonesia berada di Zona Tumbukan Lempeng-lempeng Tektonik Aktif. Fakta inilah yang menjadikan Indonesia rawan akan gempa bumi, tsunami, tanah longsor, juga erupsi gunung berapi," ucapnya.

Untuk itu, Tatalogam Group berinovasi merancang rumah instan Domus. Rumah yang dapat dibangun dalam waktu hanya 5 hari ini memiliki kelebihan dalam kecepatan waktu pembangunan, ekonomis dan juga aman digunakan di lokasi rawan bencana gempa bumi karena telah lulus uji tahan gempa.

"Masyarakat butuh hunian layak sesegera mungkin pascahunian mereka terdampak bencana. Kesiapsiagaan dalam mengatasi masalah ini sangat dibutuhkan. Karena itu Tatalogam Group didampingi Kemenperin dan BNPB terus bekerja sama dalam mengatasi masalah ini. Tak hanya itu, kami juga terus berupaya menjaga alam tempat kita tinggal ini dengan cara berproduksi dan menghasilkan produk yang ramah lingkungan. Dengan demikian, kelestarian alam terus terjaga dan bencana lain yang dapat timbul akibat kerusakan lingkungan dapat dihindari," kata Stephanus.

Pameran ADEXCO 2022 merupakan pameran tingkat internasional yang digelar dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran dan wawasan seluruh elemen bangsa terkait pemanfaatan teknologi dalam sebuah penanganan bencana. Tahun ini, ADEXCO mengusung tema “Reinforce Our Future, From Indonesia to the World”. ADEXCO 2022 digelar sebagai kegiatan pendamping dalam forum Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 di Bali yang digelar sejak tanggal 23 hingga 28 Mei 2022 yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0910 seconds (0.1#10.140)