Kunjungan Lemhannas Inggris Tegaskan Pengakuan Indonesia Berhasil Cegah Terorisme

Senin, 30 Mei 2022 - 03:08 WIB
loading...
Kunjungan Lemhannas Inggris Tegaskan Pengakuan Indonesia Berhasil Cegah Terorisme
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Boy Rafli Amar, bertemu dengan Komandan RCDS, Lieutenant General Sir George Norton. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Boy Rafli Amar, bertemu dengan Komandan Royal College of Defense Studies (RCDS), Lieutenant General Sir George Norton. RCDS ini merupakan lembaga setingkat Lemhannas jika di Indonesia.

Baca juga: Kepala BNPT Imbau Penceramah Gelorakan Semangat Nasionalisme

Merespons kunjungan Lemhannas Inggris ini, Pengajar Hubungan Internasional FISIP Universitas Nasional, Robi Nurhadi mengatakan, ini menegaskan pengakuan dunia akan keberhasilan Indonesia dalam pencegahan terorisme.

Baca juga: Terima Kunjungan Lemhannas Inggris, Kepala BNPT Ajak Bersama Perangi Terorisme

Ditegaskan Robi, terorisme itu kejahatan transnasional yang menuntut penanganan integratif pada satu kawasan agar tidak terjadi celah kerawanan atau istilahnya Window of Vulnerability (WoV).

Baca juga: Andi Widjajanto Bakal Perkuat Transformasi Lemhannas

"Nah, sejak peristiwa Bom Bali 2002, Indonesia sering dianggap biangnya WoV. Maka kita banyak dibantu oleh negara-negara lain waktu itu," ujar Robi Nurhadi, Minggu (30/5/2022).

"Dengan kehadiran Lembahas Inggris tersebut, menjadi poin penting. Itu artinya BNPT diakui keberhasilannya menutup celah-celah kerawanan aksi terorisme," tambah Kepala Pusat Penelitian Pascasarjana UNAS tersebut.

Robi menilai, apresiasi Lemhanas Inggris tersebut dengan 30 partisipan dari berbagai negara tersebut adalah hal yang patut diapresiasi karena faktanya Indonesia saat ini jauh lebih stabil dibanding masa tahun 2002 hingga 2012 lalu dimana bom-bom terorisme datang silih berganti.

"Alhamdulillah, saat ini Indonesia bisa menikmati kestabilan dari ancaman terorisme. Benih-benih terorisme telah ditransformasi menjadi benih-benih kerukunan beragama dan perdamaian yang dilandasi kemanusiaan yang tinggi. Tentu ini semua merupakan hasil dari kerja kolaboratif semua elemen masyarakat dan negara yang dikordinasi oleh BNPT," jelas Robi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1408 seconds (10.55#12.26)