Beri Sinyal Dukung Ganjar Pranowo, Jokowi Ingin Jadi King Maker 2024

Kamis, 26 Mei 2022 - 17:16 WIB
loading...
Beri Sinyal Dukung Ganjar Pranowo, Jokowi Ingin Jadi King Maker 2024
Sinyal dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Ganjar Pranowo dinilai bukti bahwa Jokowi ingin memainkan peran penting sebagai King Maker di Pilpres 2024. Foto/BPMI Setpres
A A A
JAKARTA - Sinyal dukungan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) kepada Ganjar Pranowo dinilai bukti bahwa Jokowi ingin memainkan peran penting sebagai King Maker di Pilpres 2024. Sinyal dukungan itu disampaikan dalam acara Rapat Kerja Nasional V Pro Jokowi (Projo) di Magelang, Jawa Tengah, Sabtu 21 Mei 2022.

"Dengan memberi sinyal mendukung Ganjar, cukup jelas bahwa Jokowi ingin memainkan peran penting sebagai king maker, bukan hanya menjaga jarak dengan semua bakal capres," kata Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan kepada SINDOnews, Kamis (26/5/2022).

Dia mengatakan, peran king maker itu masih bisa dimainkan oleh Jokowi. Karena sebagai presiden, Jokowi masih mengontrol sumber daya kekuasaan dan ekonomi sampai Oktober 2024.





"Walaupun Jokowi sudah beri sinyal dukung Ganjar, itu belum menjamin Ganjar bisa maju. Karena keduanya dari PDIP, maka yang paling logis kan Ganjar maju sebagai capres dan cawapresnya juga dari PDIP," tuturnya.

Jadi, kata dia, salah satu opsinya adalah PDIP maju mencalonkan sendiri tanpa koalisi dengan parpol lain. Dia menambahkan, kalau Jokowi mampu mempertahankan para pemilihnya yang di luar PDIP melalui misalnya gerakan Projo untuk Ganjar, maka peluang untuk opsi tersebut memungkinkan.

"Kekuatan PDIP sebagai partai, digabung dengan figur Jokowi sebagai kekuatan personal, bisa membuat pasangan Ganjar Pranowo - Puan Maharani sesuatu yang mungkin," imbuhnya.



Namun, lanjut dia, bila opsi itu tidak mau diambil oleh PDIP, dan PDIP tetap mau maju berkoalisi dengan parpol lain dengan mengajukan Puan sebagai hanya calon PDIP, maka Ganjar dan Jokowi harus mencari beberapa partai lain yang belum punya calon. Dia melanjutkan, entah kebetulan atau tidak, beberapa parpol pendukung Pemerintahan Jokowi sudah membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)