Kemendagri Berharap Kinerja ASN Bisa Terus Meningkat lewat Berakhlak ESQ

Senin, 23 Mei 2022 - 08:07 WIB
loading...
Kemendagri Berharap Kinerja ASN Bisa Terus Meningkat lewat Berakhlak ESQ
Launching Core Values ASN Berakhlak yang digelar secara offline di Kantor Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) serta online melalui Channel Youtube dan Zoom Meeting, Jumat 20 Mei 2022. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Program Berakhlak ESQ dinilai bisa terus memperbaiki kinerja ASN dan perangkatnya tentang menjadi pelayan masyarakat. Hal ini dikemukakan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Suhajar Diantoro.

Baca juga: Ajarkan Spiritualitas Serta Tetap Jaga Pancasila, Kepala BNPT Apresiasi ESQ

Suhajar menyampaikan pandangannya tersebut dalam launching Core Values ASN Berakhlak yang digelar secara offline di Kantor Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) serta online melalui Channel Youtube dan Zoom Meeting, Jumat 20 Mei 2022.

"Pertemuan hari ini adalah semata-mata untuk meneguhkan kesepakatan kita. Bahwasannya aparatur sipil negara maupun pejabat-pejabat yang dipilih oleh rakyat beserta seluruh perangkatnya, adalah pelayan masyarakat," kata Suhajar dalam keterangannya, Senin (23/5/2022).

Suhajar Diantoro pun mengapresiasi kepemimpinan Gubernur Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy, dalam memimpin Sumbar. Suhajar sepakat tentany apa yang disampaikan Gubernur Mahyeldi, bahwa kalau dulu pejabat dilayani, tapi sekarang melayani.

Karena kata Suhajar, seperti itulah yang dimaksud oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan makna dari pada pegawai negeri.



"Seperti yang dikatakan oleh Mark Turner dan David Hulme bahwa negara yang mengalami pertumbuhan yang pesat dan sustainable seperti Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Thailand dan Malaysia memiliki organisasi sektor public yang efektif," jelasnya.

"Untuk itu, kita juga harus mentransformasi organisasi pemerintahnya menjadi organisasi yang berorientasi pelayanan," tambahnya.

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengungkapkan, Berakhlak menyangkut nilai-nilai seperti berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif, yang merupakan akronim dari Berakhlak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1624 seconds (10.55#12.26)