Sejumlah Agenda Penting Dilakukan KSAU di Amerika Serikat

Senin, 23 Mei 2022 - 03:26 WIB
loading...
Sejumlah Agenda Penting Dilakukan KSAU di Amerika Serikat
Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat melakukan pertemuan dengan Charles Q Brown Jr. Foto/Instagram @militer.udara
A A A
JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo melakukan sejumlah agenda penting di Amerika Serikat. Pada kunjungan resmi itu, Fadjar disambut langsung oleh KSAU Amerika Serikat Jenderal Charles Q Brown Jr.

"Pertemuan kedua pemimpin angkatan udara telah menegaskan kemitraan strategis Indonesia - Amerika Serikat yang kuat dan akan bertahan lama," tutur Dispenau dalam keterangannya, Minggu (22/5/2022).

Marsekal Fadjar, kata Dispenau, juga menerima kehormatan penuh dan dianugerahi medali Legion of Merit di Pangkalan Gabungan Anacostia-Bolling. Selain itu, KSAU melakukan pertemuan dengan Jenderal Charles Brown Jr dan berbicara dengan para staf di Pentagon.





"Jenderal Charles Q Brown Jr memuji TNI AU atas peran penting yang telah dimainkannya dalam mendukung otoritas sipil Indonesia dalam menangani Covid-19," katanya.

Kedua pemimpin juga membahas inisiatif modernisasi pertahanan Indonesia, termasuk di dalamnya ihwal pengadaan pesawat tempur F-15IDN. "Pemimpin AU Amerika Serikat berterima kasih kepada KSAU atas upayanya dalam mendukung latihan bilateral Cope West 2021 antara Indonesia dan AS. Dia menggaris bawahi pentingnya latihan untuk kesiapan dan interoperabilitas," ucapnya.

Kepada Marsekal Fadjar, Jenderal Charles Brown menyampaikan apresiasi atas partisipasi kuat Indonesia dalam kursus pendidikan militer profesional di USAFA. Sekaligus menekankan perspektif tak ternilai yang diberikan siswa Indonesia saat berada di kelas.

Di lain pembicaraan, kepemimpinan regional Indonesia juga dipuji oleh Jenderal Charles Q. Brown Jr. Dirinya menyampaikan bagaimana hubungan pertahanan AS-Indonesia yang kuat untuk mendorong keamanan regional dan global. "Hubungan ini didasarkan pada kepentingan dan nilai bersama," katanya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)