Gaji dan Sanksi Komcad, Satuan Militer Baru Pendukung TNI

Minggu, 22 Mei 2022 - 07:37 WIB
loading...
Gaji dan Sanksi Komcad, Satuan Militer Baru Pendukung TNI
Komcad disiapkan untuk memperkuat TNI sebagai komponen utama pertahanan negara. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia kini memiliki satuan militer baru bernama Komponen Cadangan atau Komcad . Pembentukan Komcad diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara (PSDN).

Berdasarkan UU tersebut, perekrutan dan pengukuhan pertama Komcad dilakukan pada 2021. Anggota Komcad merupakan warga sipil yang mendaftar secara sukarela mengikuti serangkaian latihan militer.

Menurut situs web resmi Kementerian Pertahanan, Komcad merupakan sumber daya nasional yang disiapkan untuk menjalankan tugas negara melalui mobilisasi guna memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama pertahanan negara, yakni Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Baca juga: Komcad Perkuat Pertahanan RI

Pada awal wacana pembentukannya, Komcad memang mengundang polemik. Banyak pihak menganggapnya sama dengan program wajib militer. Tetapi Komcad bukan merupakan program wajib, melainkan bersifat sukarela.

Dalam UU Nomor 23 Tahun 2019, Komcad terbagi empat bagian yaitu, Komcad Sumber Daya Manusia; Komcad Sumber Daya Alam; Komocad Sumber Daya Buatan; an Komcad Sarana dan Prasarana. Seluruh komponen ini dipersiapkan untuk dapat dimanfaatkan sewaktu-waktu ketika negara dalam kondisi darurat seperti ancaman perang atau bencana alam.



Warga yang tertarik dapat bergabung dengan Komcad asalkan memenuhi kriteria persyaratan yang ditentukan. Apa saja syarat tersebut?
- Warga Negara Indonesia
- Berusia 18 - 35 tahun
- Lulus seleksi TNI
- Mengikuti pelatihan militer selama 3 bulan di pusat-pusat pelatihan TNI, baik TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Gaji dan Sanksi Komcad, Satuan Militer Baru Pendukung TNI

Foto/inews.id

Setelah dinyatakan lulus, para anggota Komcad kembali lagi kepada profesi atau pekerjaan masing-masing. Dengan kata lain kembali menjadi warga sipil. Sebagai bagian dari pemantauan, TNI pada waktu tertentu akan memanggil anggoa Komcad untuk memastikan kondisi tubuh dan kemampuannya masih terjaga melalui peltihan-pelatihan. Ketika terjadi situasi darurat sepertii perang atau bencana alam, para anggota Komcad dapat dipanggil presiden melalui DPR.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1829 seconds (11.97#12.26)