Jatim Menang Lomba New Normal, Kenapa Jakarta Tidak? Ini Jawaban Mendagri

Senin, 22 Juni 2020 - 13:38 WIB
loading...
Jatim Menang Lomba New Normal, Kenapa Jakarta Tidak? Ini Jawaban Mendagri
Jatim Menang Lomba New Normal, Kenapa Jakarta Tidak? Ini Jawaban Mendagri
A A A
JAKARTA - Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Timur (Jatim) merupakan dua provinsi dengan kasus positif Covid-19 tertinggi di Indonesia. Namun berbeda dengan Jatim, DKI Jakarta tidak berhasil memenangkan lomba tatanan normal baru yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sedangkan Jatim berhasil menyabet dua kemenangan yakni peringkat pertama di sektor pasar modern dan peringkat kedua di sektor pariwisata. Jatim memboyong hadiah berupa dana insentif daerah (DID) sebesar Rp5 miliar. (Baca juga: Jumlah Positif Corona Tinggi, Jatim Justru Menang Lomba New Normal)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan, sosialisasi normal baru sudah dilakukan Pemerintah DKI Jakarta. Namun, masih ada yang harus diperhatikan hal lain juga. “Saya kira DKI juga sudah banyak, aktif untuk menyosialisasikan tentang new normal. Tapi ya kita melihat, kita mewaspadai agar jangan sampai nanti masyarakat dengan adanya new normal, semua sudah dianggap selesai. Masalah pandemi selesai dan semua sudah boleh buka, tidak,” katanya di Kantor Kemendagri, Senin (22/6/2020).

Tito juga sempat menyinggung car free day (CFD) pada hari Minggu lalu di Jakarta. Di mana banyak orang yang berkerumun. “Seperti misalnya tadi sudah diskusi dengan kepala gugus tugas dan menkes soal CFD yang dibuka. Kita lihat masyarakat ada yang belum siap. Masih ada penumpukan, saya kira ini harus disosialisasikan secara intens,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, sebanyak 84 pemenang yang terdiri dari 49 pemda memenangkan lomba dengan total hadiah Rp168 miliar.
(nbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)