Jumlah Positif Corona Tinggi, Jatim Justru Menang Lomba New Normal

Senin, 22 Juni 2020 - 13:27 WIB
loading...
Jumlah Positif Corona Tinggi, Jatim Justru Menang Lomba New Normal
FOTO/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Provinsi Jawa Timur ( Jatim ) menjadi salah satu pemenang lomba inovasi tatanan normal baru ( new normal ) yang digelar Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ). Padahal, saat ini jumlah kasus positif Covid-19 di Jatim tertinggi nomor dua di Indonesia yaitu mencapai 9.542 kasus.

Jatim dinobatkan sebagai juara pertama dalam kategori tata normal baru sektor pasar modern. Kemudian juara dua di kategori sektor tempat wisata. Dengan raihan tersebut, Jatim diganjar dana insentif daerah sebesar Rp5 miliar.

“Soal penghargaan yang kita dapat sesungguhnya ini inisiasi baru pada saat kita harus melakukan operasi pasar,” kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparaswansa, Senin (22/6/2020). (Baca juga: 84 Pemda Pemenang Lomba Adaptasi Normal Baru Diganjar DID Rp168 Miliar)

Dia mengatakan bahwa pihaknya menyulap Gedung Jatim Expo untuk dijadikan lumbung pangan. Di mana di gedung tersebut diatur jaga jarak dengan sangat ketat. Kemudian protokol kesehatan juga disiapkan dengan ketat. Bahkan di pasar tersebut melayani pembelian secara online hingga drive thru. “Jadi, bukan karena menuju new normal. Tetapi dari awal kita sudah menyiapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu beberapa sektor pariwisata di Jatim juga akan dibuka dengan pembatasan tertentu. Misalnya di Malang akan dibuka untuk kebun binatangnya. “Tapi saya meminta yang potensi berkerumun ada di lokasi souvenir dan pada saat selesai di Zoo, hal yang memungkinkan orang berkerumun itulah yang perlu diantisipasi,” ujarnya.

Ditanyakan hadiahnya akan digunakan untuk apa, Khofifah mengatakan akan digunakan untuk pelayanan Covid-19. Terutama persiapan normal baru. “Saya rasa semua disiapkan pada sisi new normal. Cukup banyak usulan bahwa lumbung pangan dilanjutkan,” tandasnya.
(nbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2046 seconds (0.1#10.140)