Permudah Pelaporan Uang Palsu, Dittipideksus Bareskrim Luncurkan Aplikasi I-Comreds

Kamis, 19 Mei 2022 - 10:32 WIB
loading...
Permudah Pelaporan Uang Palsu, Dittipideksus Bareskrim Luncurkan Aplikasi I-Comreds
Dittipideksus Bareskrim meluncurkan aplikasi I-Comreds untuk mempermudah masyarakat melaporkan uang palsu. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri Brigjen Pol Whisnu Hermawan melaunching aplikasi I-Comreds. Aplikasi ini dibuat sebagai strategis dalam pengungkapan peredaran uang palsu karena rendahnya partisipasi pelaporan atau pengaduan oleh masyarakat (Dumas).

"Aplikasi I-Comreds merupakan jawaban dari keinginan masyarakat untuk berperan serta dalam pemberantasan peredaran uang palsu khususnya rupiah," ungkap Whisnu, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: Geledah Ruang Kerja Wali Kota Ambon, KPK Amankan Catatan Aliran Uang

Jenderal bintang satu itu mengungkapkan banyak masyarakat yang mengetahui atau bahkan menjadi korban peredaran uang palsu enggan untuk melapor. Bahkan ketika masyarakat menjadi korban justru meneruskan peredaran uang itu dengan menukarkan kembali untuk membeli barang karena tidak mau menderita kerugian.

"Dengan begitu terdapat hambatan dalam upaya deteksi dini peredaran uang palsu karena tidak bisa secara real time mengetahui keberadaan atau peredarannya," ungkap Wishnu.

Dia memberi contoh, berdasarkan fakta pengungkapan kasus peredaran uang palsu oleh Subdit IV Dittipideksus Bareskrim Polri terjadi peningkatan signifikan dalam kurun waktu satu tahun.



Barang bukti yang disita pada 2021 sebanyak 8.990 lembar baik uang palsu pecahan Rp50.000 maupun Rp 100.000. Hal ini meningkat pada tahun 2022 dimana sejak Januari hingga April sebanyak 495.184 lembar uang palsu pecahan Rp 100.000 disita.

"Barang bukti tersebut berhasil diamankan dari jaringan peredaran uang palsu Jawa Timur dengan jumlah tersangka sebanyak 7 orang," ucap Wishnu.

Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1346 seconds (10.55#12.26)