MPR Dorong Implementasi Nilai Keindonesiaan dalam Keseharian

Rabu, 18 Mei 2022 - 20:48 WIB
loading...
A A A
"Keberagaman atau gender diversity di lingkungan BUMN memberi dampak positif terhadap perkembangan bisnis," ujarnya.

Menurut Kepala Divisi Institutional Relations, Mind ID, Niko Chandra, membicarakan nilai-nilai sangat terkait dengan pengembangan entitas bisnis. Perusahaan dengan corporate value memiliki peluang tumbuh dua kali lebih besar dari yang tidak menerapkan nilai-nilai tertentu.

Politikus Partai NasDem, Bachtiar Aly berpendapat modal sosial yang dimiliki harus terus digaungkan kembali bagaimana bicara lebih santun, membangun gotong-royong, dan keberagaman. Tingkat kemarahan masyarakat yang tinggi saat ini, ujar Bachtiar, harus dijawab dengan membuka ruang seluas-luasnya untuk menyampaikan pendapat di ruang publik.

Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), Muhammad Rahmat Yananda berpendapat, nilai-nilai kebhinekaan dapat diaktualisasikan dalam keseharian. "Apakah keberagaman kita membawa suatu kebaruan atau kemajuan, itu yang menjadi tantangan sekarang," ujar Muhammad.

Jurnalis senior, Saur Hutabarat menegaskan soal besar yang kita hadapi saat ini adalah mengakhiri kontradiksi yang ada dari jerat nilai-nilai yang kita miliki. "Bagaimana dengan modal sosial yang begitu besar bisa terjadi berbagai korupsi di negeri ini?" ujar Saur.

Untuk mengakhiri kondisi ini, Saur menegaskan, harus diwujudkan perluasan keteladanan kolektif terhadap nilai-nilai keindonesiaan yang kita miliki.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)