Selain Cendana dan Cikeas, Nama Jalan dan Daerah Ini Identik dengan Presiden RI

Rabu, 18 Mei 2022 - 18:55 WIB
loading...
Selain Cendana dan Cikeas, Nama Jalan dan Daerah Ini Identik dengan Presiden RI
Rumah Soeharto di Jalan Cendana, Jakarta. Foto/Dok Okezone
A A A
JAKARTA - Nama jalan dan daerah di Indonesia ini identik dengan Presiden RI. Ada nama Jalan Cendana di Jakarta Pusat hingga kawasan Cikeas, Bogor.

Sejumlah Presiden RI diketahui memiliki rumah yang kemudian kawasannya menjadi identik dengan sang presiden. Kediamanpara presiden itu pun kerap dikunjungi para pejabat dan tamu lainnya.

Misal Soeharto, Presiden ke-2 RI yang identik dengan Jalan Cendana di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Diketahui, saat menjadi orang nomor satu di RI, Soeharto memilih tinggal di rumah yang berada di Jalan Cendana Nomor 6-8, Menteng, Jakarta Pusat.

Selain itu, ada pula Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) , Presiden ke-6 RI, yang identik dengan kawasan Cikeas. Diketahui, SBY tinggal di Puri Cikeas, Desa Nagrak, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Rumah SBY tersebut bahkan sempat dijadikan tempat untuk menyeleksi calon menteri saat SBY menjadi presiden. Para calon menteri berdatangan ke Cikeas untuk menjalani semacam fit and proper test.

Selain dua daerah tersebut, ada daerah lainnya yang juga identik dengan Presiden RI. Apa saja? Berikut daftarnya:

1. Patra Kuningan
Selain Cendana dan Cikeas, Nama Jalan dan Daerah Ini Identik dengan Presiden RI

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI JakartaAnies Baswedan dan Sandiaga Uno berkunjung ke kediaman Presiden ke-3 RI BJ Habibie di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (25/10/2017). Foto/Dok SINDO


Jalan Patra Kuningan XIII, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan, merupakan lokasi tempat tinggal Presiden ke-3 RI BJ Habibie.

Di rumah tersebut, Habibie kerap menerima para pejabat dan mantan pejabat dari dalam dan luar negeri. Sebut saja Mantan Deputi Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim yang mengunjungi rumah tersebut pada Minggu, 20 Mei 2018.

Di rumah tersebut pula jenazah Habibie disemayamkan, sebelum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6996 seconds (0.1#10.140)