Soal Pencekalan UAS, Yusril Ihza Mahendra: Singapura Harus Beri Penjelasan

Selasa, 17 Mei 2022 - 15:26 WIB
loading...
Soal Pencekalan UAS, Yusril Ihza Mahendra: Singapura Harus Beri Penjelasan
Mantan Menkumham Yusril Ihza Mahendra menyebutkan Pemerintah Singapura berkewajiban menjelaskan pencekalan terhadap Ustaz Abdul Somad (UAS) yang viral setelah diunggah di media sosial. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yusril Ihza Mahendra menyebutkan Pemerintah Singapura berkewajiban menjelaskan pencekalan terhadap Ustaz Abdul Somad (UAS) yang viral setelah diunggah di media sosial. Sebab, UAS adalah seorang ulama yang sangat dihormati masyarakat Indonesia.

Menurutnya apa yang terjadi pada UAS bukan deportasi melainkan pencegahan. "Sebab UAS masih berada dalam area Imigrasi Singapura dan belum benar-benar masuk ke negara itu. Kalau UAS sudah melewati area Imigrasi dan diperintahkan meninggalkan negara itu, barulah namanya dideportasi," ujar Yusril Ihza Mahendra, Selasa (17/5/2022).

Namun apa pun juga jenis tindakan keimigrasian terhadap UAS, menurut Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) tersebut, harus dijelaskan kepada publik agar tidak timbul spekulasi ataupun salah paham. Dalam konteks ASEAN Community yang hubungan erat antarwarta, Yusril menganalisis penolakan terhadap kehadiran UAS dapat menimbulkan tanda-tanya dalam hubungan baik antaretnik Melayu dan Islam di Asia Tenggara.

Baca juga: Ustaz Abdul Somad Tidak Diizinkan Masuk Singapura Gara-gara Statusnya

"UAS selama ini dikenal sebagai ulama garis lurus yang tidak aktif berurusan dengan kekuasaan dan hubungan antarnegara. Apalagi kehadiran UAS ke Singapura adalah kunjungan biasa, bukan untuk melakukan kegiatan ceramah, tabligh dan sejenisnya yang bisa menimbulkan kekhawaritan Pemerintah Singapura," kata Yusril.

Ia mengapresiasi sikap proaktif Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM untuk menghubungi Imigrasi Singapura agar mendapatkan penjelasan terhadap kasus yang dihadapi UAS. "Kemenlu juga dapat melakukan hal yang sama dengan memanggil Dubes Singapura di Jakarta untuk memberi penjelasan mengapa sampai terjadi pencegahan terhadap UAS," kata Yusril.

Baca juga: Ustaz Abdul Somad Tidak Diizinkan Masuk Singapura Gara-gara Statusnya
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)