Wisata Boonpring Binaan Astra Raih Penghargaan Level Asean

Jum'at, 13 Mei 2022 - 22:30 WIB
loading...
Wisata Boonpring Binaan Astra Raih Penghargaan Level Asean
Wisata Andeman Boonpring, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, mendapat penghargaan The 5th ASEAN Rural Development and Property Eradication (RDPE) Leadership Award. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Wisata Andeman Boonpring, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, mendapat penghargaan The 5th ASEAN Rural Development and Property Eradication (RDPE) Leadership Award. Penghargaan diberikan, Kamis (12/5/2022), dan disaksikan secara daring sejumlah pihak.

Prestasi ini menambah penghargaan yang diraih Desa Sanankerto, setelah terakhir mendapat penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia. Penghargaan ini menandakan bahwa lokasi desa wisata yang dikelola BUMDes Kerto Raharjo Kabupaten Malang ini telah dikenal dunia.

Head of Environment Responsibility Astra and Social, Diah Suran Febrianti mengatakan, Wisata Andeman Boonpring merupakan desa binaan PT Astra Internasional Tbk dalam program Desa Sejahtera Astra (DSA). Iabersyukur atas penghargaan tingkat Asean ini. Hal ini menjadi motivasi untuk semakin berinovasi ke depan.

Baca juga: Lolos 50 Besar ADWI, Ilham Azikin Titip Pesan untuk Pemuda Kampung Campaga

"Kami juga mengucapkan terima kasih untuk kesempatan yang diberikan, sehingga kami terpilih menjadi penerima penghargaan ini, yang akan menjadi motivasi kami untuk selalu berinovasi dalam upaya melakukan percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Indonesia dalam tujuan pengentasan kemiskinan di Indonesia," kata Diah dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (13/5/2022).

Diah berharap, penghargaan ini menjadi semangat kepada seluruh penggiat Desa untuk selalu menjaga kesehatan dalam berkarya membangun Indonesia. Terlebih, dari 930 Desa Sejahtera Astra, 151 di antaranya terletak di Jawa Timur dan 21 Desa Sejahtera Astra serta 2 Kampung Berseri Astra berada di Malang.

Dari program ini pula, sampai 2022, terdapat 207 DSA yang berhasil memasarkan 87 jenis produk unggulannya. Bahkan mampu menembus pasar ekspor dengan total nilai Transaksi Rp10,07 miliar.

Dirjen Pembangunan Desa dan Pedesaan Kementerian Desa, Pembangungan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Sugito, mengungkapkan, Boonpring merupakan salah satu dari tiga jagoan di Jawa Timur, yang kini dilirik tingkat Asean. Untuk itu, pihaknya akan mendorong pembangunan Desa Sanankerto menjadi tempat belajar dan diplomasi dengan luar negeri.

"Boonpring ini levelnya sudah di Asean dan kami berharap pula kelasnya juga dinaikkan," kata Sugito.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Malang M Sanusi menegaskan, penghargaan ini tentu menjadi pemicu untuk menjadikan Desa Wisata Boonpring semakin naik kelas. Adapun upaya yang akan dilakukan, yakni menghadirkan kelengkapan sarana penunjang.

"Desa Sanankerto dengan Boonpring, ini sudah masuk di kelas Asean dan dari Kementerian diyakini bisa naik ke level Asia dan kemudian bisa menembus level dunia dengan juga menyandang predikat sebagai BUMDes terbaik di Indonesia," ujar Sanusi.
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1387 seconds (11.97#12.26)