Bertemu Dubes Jerman, Airlangga Tegaskan Komitmen RI Tingkatkan Kerja Sama Bilateral

Jum'at, 13 Mei 2022 - 18:50 WIB
loading...
Bertemu Dubes Jerman, Airlangga Tegaskan Komitmen RI Tingkatkan Kerja Sama Bilateral
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan komitmen Indonesia untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Jerman. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto menegaskan komitmen Indonesia untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Republik Federasi Jerman.

Hal itu lantaran hubungan diplomatik antara Indonesia dan Republik Federasi Jerman telah berlangsung sejak lama. Sejak dibuka pada 1952, hubungan diplomatik tersebut sudah terjalin selama 70 tahun.

Pada 2012, hubungan Indonesia dan Republik Federal Jerman (RFJ) mencapai tahap baru dengan disepakatinya dokumen the German-Indonesian Joint Declaration for a Comprehensive Partnership: Shaping Globalization and Sharing Responsibility.



”Kedua negara pun menjadi mitra strategis komprehensif yang bertekad untuk terus mengembangkan hubungan bilateral secara positif, konstruktif, dan saling menghormati kedaulatan masing-masing,” kata Airlangga, Jumat (13/5/2022).

Dalam perkembangannya, kata Airlangga, hubungan bilateral RI-RFJ tersebut semakin meningkat dan erat dengan adanya momentum kunjungan resmi Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Berlin pada 17-18 April 2016.



Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dan Kanselir Angela Merkel menyepakati penguatan hubungan kemitraan strategis kedua negara melalui tiga fokus bidang kerja sama yaitu, pendidikan vokasi (technical vocational education training), energi terbarukan (renewable energy), dan maritim (maritime cooperation) untuk kebutuhan negara dan kepentingan nasional RI-RFJ di masa mendatang.

Selanjutnya, pada pertemuan yang dilaksanakan secara daring dalam rangka courtesy call dan perkenalan antara Airlangga Hartarto dan Duta Besar Republik Federal Jerman untuk Indonesia, H.E. Ina Lepel, Airlangga menyampaikan hubungan bilateral Indonesia-Jerman diharapkan dapat terus ditingkatkan. “Kita perlu melampaui dari apa yang telah dilakukan,” ucap Airlangga.

Airlangga juga mendiskusikan tentang upaya penguatan dan peningkatan hubungan dan kerja sama bilateral di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi, persiapan Indonesia sebagai Partner Country Hannover Messe 2023, serta sinergi prioritas Presidensi G20 Indonesia dan Presidensi G7 Jerman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)