Muhadjir Optimistis Masuk Fase Endemi Jika 2-3 Minggu Setelah Lebaran Covid-19 Tak Naik

Kamis, 12 Mei 2022 - 09:27 WIB
loading...
Muhadjir Optimistis Masuk Fase Endemi Jika 2-3 Minggu Setelah Lebaran Covid-19 Tak Naik
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy optimistis Indonesia bisa segera masuk transisi endemi. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy optimistis Indonesia bisa segera masuk transisi endemi. Dia meyakini itu jika 2-3 minggu setelah Idul Fitri tidak ada kenaikan kasus Covid-19 .

“Taruhannya adalah setelah Liburan ini, kalau setelah Idul Fitri 2 minggu atau 3 Minggu nanti tidak ada kenaikan kasus, maka kita optimis segera masuk transisi ke endemi,” kata Muhadjir dikutip dalam keterangannya, Kamis (12/5/2022).

Apalagi, kata dia, sudah ada tanda-tanda Indonesia masuk transisi ke endemi. Di antaranya, kasus Covid-19 yang mulai melandai, angka kematian yang menurun, bahkan tingkat occupancy rate di rumah sakit juga menurun.

Baca juga: Menko PMK Sebut Secara De Facto Indonesia Sudah Transisi ke Endemi

“Intinya itu pokoknya dilihat dari pertama angka kasus, kasus aktif, kemudian positif rate-nya berapa, kemudian tingkat occupancy rate rumah sakit, kemudian angka kematian ya angka kematian,” kata Muhadjir.

Selain itu, Muhadjir mengatakan bahwa angka kematian akibat Covid-19 saat ini sudah berada pada ranking 14 di antara penyakit-penyakit yang ada seperti kanker, jantung koroner, hingga stroke. “Sekarang ini sudah ada tanda-tanda bahwa misalnya dilihat dari tanda-tanda kematian itu, sekarang kematian Covid-19 itu bukan yang paling tertinggi dari di antara penyakit yang ada. Bahkan dari hasil survei kecil-kecilan yang dilakukan oleh Kemenko PMK itu di ranking 14,” pungkasnya.
(rca)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2568 seconds (10.177#12.26)