Jadi Plt Presiden, Ini Sejumlah Agenda Wapres

Kamis, 12 Mei 2022 - 08:41 WIB
loading...
Jadi Plt Presiden, Ini Sejumlah Agenda Wapres
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin kini menjabat pelaksana tugas (Plt) Presiden untuk beberapa hari ke depan. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin kini menjabat pelaksana tugas (Plt) Presiden untuk beberapa hari ke depan. Sebab, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat pada 10-16 Mei 2022.

Penugasan itu berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 Tahun 2022 tentang penugasan Wakil Presiden melaksanakan tugas Presiden. “Menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan selama presiden melaksanakan kunjungan kerja dan atau kenegaraan ke Amerika Serikat pada tanggal 10 sampai dengan 16 Mei 2022 atau sampai dengan tanggal tiba kembali di tanah air,” seperti dikutip Keppres tersebut, Kamis (12/5/2022).

Penugasan Wapres itu dilakukan untuk menjaga lancarnya pelaksanaan pemerintahan dan tugas sehari-hari Presiden selama berlangsungnya kunjungan ke Washington DC, Amerika Serikat. “Apabila dalam jangka waktu penugasan tersebut perlu segera ditetapkan suatu kebijakan baru, maka Wakil Presiden sebagai pelaksana tugas Presiden wajib terlebih dahulu berkonsultasi dan meminta persetujuan Presiden,” bunyi Keppres tersebut.





Setelah Presiden Jokowi kembali ke Tanah Air, maka penugasan berakhir dan Wakil Presiden segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada Presiden. Keputusan Presiden ini ditandatangani oleh Jokowi dan mulai berlaku pada 10 Mei 2022.

Sejumlah agenda yang dijalankan Wapres Ma’ruf Amin saat menggantikan tugas Presiden Jokowi di antaranya:

Selasa 10 Mei 2022: Wapres menghadiri Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia Tahun 2022, di Provinsi Bali. “Sedianya Bapak Presiden yang membuka acara ini, namun beliau berhalangan karena harus memenuhi agenda kenegaraan lainnya. Beliau menyampaikan salam kepada seluruh peserta rakernas,” ungkap Wapres saat memberikan sambutannya.

Rabu 11 Mei 2022: Wapres memimpin Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di Istana Wakil Presiden. Para menteri yang hadir di antaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Kemudian, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Wempi Wetipo, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro, Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Taufik Madjid, serta Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas Subandi Sarjoko.

Kamis, 12 Mei 2022: Wapres akan melakukan Rapat Pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 6, Jakarta, siang hari ini.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2155 seconds (0.1#10.140)