Lebaran ke Ponpes Tebuireng, Prabowo: Gus Dur Sosok Pemersatu Bangsa

Kamis, 05 Mei 2022 - 09:36 WIB
loading...
Lebaran ke Ponpes Tebuireng, Prabowo: Gus Dur Sosok Pemersatu Bangsa
Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto ziarah ke makam Presiden RI keempat KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto mengunjungi pondok pesantren Tebuireng Jombang, Rabu, 4 Mei 2022. Tidak hanya itu, Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut juga menggelar pertemuan tertutup dengan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin.

Usai pertemuan, Prabowo bersama Gus Kikin dan rombongan langsung menuju makam keluarga PP Tebuireng untuk berziarah sekaligus berdoa dan menabur bunga. Prabowo berziarah ke sejumlah makam masyayikh Ponpes Tebuireng, termasuk Menteri Agama RI pertama KH Wahid Hasyim, Presiden RI keempat KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, serta adik kandung Gus Dur, KH Solahuddin Wahid atau Gus Solah.

"Saya memang sering ke sini. Saya merasa dekat dengan keluarga Tebuireng. Dan dalam momen libur ini, saya keliling lebaran ini kepada kawan-kawan lama," kata Prabowo, Kamis (5/5/2022).

Baca juga: Silaturahmi ke Ponpes Tebuireng, Prabowo: Saya Ini Tukang Pijat Gus Dur

Prabowo mengatakan, dirinya dan Gus Kikin membahas hal-hal yang ringan pada pertemuan tersebut. “Yang ringan-ringan saja. Ya, namanya sahabat lama tentunya kangen-kangenan dalam suasan Lebaran," ujarnya.

Lebaran ke Ponpes Tebuireng, Prabowo: Gus Dur Sosok Pemersatu Bangsa


Senada, Gus Kikin mengatakan kedatangan Prabowo adalah dalam rangka bersilahturahmi di momen Lebaran. “Berbicara yang ringan-ringan saja. Berbincang soal suasana Lebaran," pungkasnya.

Baca juga: Prabowo Ziarah Makam Gus Dur, Gus Irfan Yusuf Hasyim: Insya Allah Presiden 2024

Gus Kikin mengakui Prabowo memiliki hubungan dengan Tebuireng sudah lama. Ibunda dari Prabowo kenal dekat dengan ibunda Gus Dur. Kemudian Prabowo kenal dekat dengan almarhum KH Yusuf Hasyim. “Beliau juga sudah berkali-kali mengunjungi Pesantren Tebuireng,” ujarnya.

Prabowo pun mengungkapkan kesannya terhadap Gus Dur yang dianggapnya sebagai sosok pemersatu bangsa dan pemimpin visioner. Prabowo juga mengungkapkan bahwa dirinya dahulu “tukang pijet” Gus Dur. “Gus Dur adalah sosok pemimpin yang pandangannya jauh ke depan (visioner). Beliau juga merupakan sahabat dan saya adalah tukang pijet beliau. Dan saya kira kedekatan saya dengan almarhum sangat dekat ya," kata Prabowo.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1649 seconds (10.101#12.26)