Minta Warga Patuhi Kebijakan Mudik, Mahfud MD: Demi Kebaikan Bersama

Jum'at, 29 April 2022 - 15:46 WIB
loading...
Minta Warga Patuhi Kebijakan Mudik, Mahfud MD: Demi Kebaikan Bersama
Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD mengimbau masyarakat untuk mematuhi kebijakan yang diterapkan Korlantas Polri dalam penerapan mudik Lebaran 2022. Hal itu semata-mata untuk kenyamanan masyarakat.

"Kepada masyarakat, petugas lapangan aparat Korlantas dan sebagainya itu sudah ditugaskan dengan protap. Sebab itu, mereka harus menghormati," ujar Mahfud di KM 29 Tol Jakarta-Cikampek, Cikarang, Bekasi, Jumat (29/4/2022).
Baca juga: Tips Persiapan Berkendara untuk Mudik Lebaran

"Kalau mereka harus berhenti, kalau mau diperiksa dulu harus diikuti. Karena semuanya untuk kebaikan bersama," sambungnya.

Meski demikian, dia juga mengingatkan kepada aparat yang bertugas untuk tetap bersikap humanis. Dia meminta kepolisian bisa menjelaskan dengan baik apa saja kebijakan terkait mudik yang diterapkan supaya tak menimbulkan kebingungan di tengah-tengah masyarakat.

"Tentu aparatnya itu harus paham masyarakat berbeda-beda, tingkat pendidikannya juga beda-beda, pengalaman pergaulan juga sehingga harus arif menghadapi situasi ini," tuturnya.

Mahfud berharap agenda mudik tahun ini berjalan lancar. Menurutnya, sampai saat ini belum ada masalah berarti dari penanganan yang dilaksanakan petugas di lapangan.
Baca juga: Naik Heli, Kapolri Pantau Situasi Arus Mudik Terkini

Meski ditemui masalah, namun itu hal kecil yang bersifat insidentil. Para petugas dinilai sudah cekatan dalam mengaplikasikan tugasnya. "Sejauh ini saya melihat penanganan Korlantas baik. Masalah-masalah tentu ada tapi sifatnya insidentil dan kecil sehingga bisa diselesaikan dengan prosedur-prosedur dan mekanisme yang dilakukan," ujar Mahfud.

Menurut dia, kerja sama antara petugas kepolisian dan masyarakat dapat berjalan baik. Sebab, tradisi mudik dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri merupakan ibadah yang dituangkan dalam bentuk budaya Indonesia.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)