Pemerintah Berusaha Jawab Ekspektasi Masyarakat

Rabu, 27 April 2022 - 21:29 WIB
loading...
Pemerintah Berusaha Jawab Ekspektasi Masyarakat
Berdasarkan berbagai hasil survei belakangan ini, kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) - Maruf Amin masih cukup tinggi. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Berdasarkan berbagai hasil survei belakangan ini, kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintahan Joko Widodo ( Jokowi ) - Ma'ruf Amin masih cukup tinggi. Namun, capaian itu tidak membuat pemerintah puas, karena masih banyak target yang harus dicapai hingga 2024.

Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini menjelaskan bahwa Presiden Jokowi memasuki periode kedua masih memegang penuh kendali pemerintahan. Di dalam tubuh pemerintahan, kepercayaan diri dari setiap pejabat negara sangat tinggi untuk mencapai berbagai target yang hendak diselesaikan.

"Di waktu-waktu ke depan, kami akan berupaya menjawab ekspektasi publik yang ditunjukkan di dalam survei dengan bekerja jauh lebih keras," ujar Faldo merespons berbagai hasil survei, Rabu (27/4/2022).





Pemerintah, kata Faldo, bersyukur dan berterima kasih terus mendapat kepercayaan dari semua pihak. Dia juga memastikan Pemerintahan Jokowi terus berjalan ke arah yang tepat untuk kepentingan rakyat.

Lebih lanjut dia mengatakan, penurunan atau kenaikan kepuasan publik merupakan sebuah proses yang alamiah di dalam demokrasi. "Setiap pihak, media, dan organisasi masyarakat memiliki kebebasan untuk menyampaikan pandangannya masing-masing, termasuk pandangan kritis terhadap kinerja pemerintah," imbuhnya.

Sekadar diketahui, hasil survei Populi Center pada Maret menyebutkan bahwa kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintahan Jokowi sebesar 62,4%. Angka itu meningkat dibandingkan hasil survei Oktober 2021.

Populi saat itu mencatat kepuasan masyarakat terhadap pemerintah sebesar 60,7%. Publik menilai pemerintah berhasil menangani pandemi Covid-19. Temuan lain dari survei ini, masyarakat menyatakan tidak sepakat dengan wacana perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

Sementara itu, hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi 59,9%. Mayoritas responden secara umum menilai kondisi ekonomi dan politik nasional saat ini cukup baik.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2480 seconds (0.1#10.140)