Pantau Merak, Kapolri Bersyukur Masyarakat Mudik Lebih Awal

Selasa, 26 April 2022 - 18:38 WIB
loading...
Pantau Merak, Kapolri Bersyukur Masyarakat Mudik Lebih Awal
Kapolri bersama sejumlah Menteri saat meninjau pelabuhan merak. Foto/Humas Polri
A A A
JAKARTA - Arus mudik di Pelabuhan Merak Banten sudah terjadi per hari ini, Selasa (26/4/2022). Hal itu terlihat dari status kuning yang terlihat di pelabuhan itu.

Baca juga: Kapolri Minta Vaksinasi Booster untuk Lansia Dimaksimalkan

Meningkatnya aktivitas di pelabuhan tersebut diapresiasi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Pemandangan yang terlihat di Merak, jelas dia, sebagai tanda bahwa imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah dilaksanakan oleh masyarakat.



"Di satu sisi, kami juga sangat berterima kasih dan apresiasi kepada masyarakat yang telah mendengarkan imbauan mudik yang disampaikan oleh Bapak Presiden, yang tentunya telah ditindaklanjuti oleh menteri-menteri terkait mudik lebih awal," kata Sigit usai meninjau Pelabuhan Merak, dalam keterangan resmi yang diterima MPI.

Ditegaskannya, dari hasil pemantauan, telah terjadi peningkatan arus mudik yang dilakukan oleh masyarakat sebelum tanggal 28 - 30 April 2022. Menurut Sigit, mudik lebih awal yang diputuskan oleh masyarakat akan berdampak terhadap minimnya potensi kemacetan pada H-4 hingga H-1 Lebaran.

"Kita lihat bahwa dari mulai kemarin dan hari ini kegiatan arus mudik sudah mulai terlihat. Tentunya ini sangat baik khususnya untuk mengurai kemacetan," jelas dia.

"Khususnya diprediksi puncak arus mudik yang diperkirakan pada H-4, H-3, H-2 dan H-1. Kalau ini bisa kita urai tentunya kemacetan pun kita harapkan bisa semakin kita kurangi," lanjut Sigit.

Sigit menyebutkan, pergerakan arus mudik Lebaran tahun ini juga sudah terjadi pada siang hari ini. Berdasarkan laporan yang masuk, jelas dia, Pelabuhan Merak telah masuk ke dalam situasi kuning lantaran terjadinya lonjakan penumpang.

"Siang ini tadi kita lihat sempat masuk situasi kuning artinya sempat ada penyetopan sementara di jalur yang sudah dipersiapkan dan kita liat juga di seluruh dermaga terlihat sudah penuh. Artinya di satu sisi kita melihat bahwa terjadi pergeseran waktu masyarakat yang akan melaksanakan mudik khususnya di wilayah Merak," ucap mantan Kabareskrim Polri itu.

"Tadi di pos pam, di monitor bagaimana semua terkoneksi dengan BNPB dan stakeholder lainnya termasuk situasi-situasi yang memang harus diketahui dengan menggunakan CCTV dan tersambung Command Center. Kita lihat semua terkoneksi dengan baik. Tentunya harapan kita ini juga bisa memberikan pelayanan yang jauh lebih baik kepada masyarakat yang akan mudik," tutup eks Kapolda Banten itu.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)