Kemenkominfo-DPR Ajak Masyarakat Dukung Pemerintah Percepat Transformasi Digital

Selasa, 26 April 2022 - 05:46 WIB
loading...
Kemenkominfo-DPR Ajak Masyarakat Dukung Pemerintah Percepat Transformasi Digital
Direktur Pengembangan Pitalebar Kominfo Marvels Situmorang, mengajak masyarakat mendukung pemerintah mempercepat transformasi digital. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Kementerian Kominfo bersama Komisi 1 DPR RI mengajak masyarakat untuk beralih ke tv digital. Hal itu untuk membantu pemerintah dalam melakukan transformasi digital .

Ajakan itu disampaikan dalam Diskusi Publik Virtual Sosialisasi Analog Switch Off (ASO) bertajuk "Sosialisasi Migrasi TV Digital" dan Seremoni Penyerahan Bantuan Set Top Box (STB) yang di selenggarakan secara Daring dan Luring di Hotel Prima Cirebon.

Diskusi ini dihadiri oleh Direktur Pengembangan Pitalebar Kominfo Marvels Situmorang, anggota Komisi 1 DPR RI Dave Akbarshah Fikarno Laksono, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Teguh Rusiana Merdeka.



ASO sendiri merupakan salah satu kebijakan yang diambil pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) untuk menghentikan secara bertahap siaran televisi analog yang ada saat ini dan menggantinya dengan siaran televisi digital (migrasi digital).



Direktur Pengembangan Pitalebar Kominfo Marvels Situmorang, menjelaskan ada 3 tahapan intinya untuk pelaksanaan Analog Switch off. Pertama akan berlangsung diakhir bulan ini yaitu 30 April mencakup 56 wilayah siaran yang mencover 166 kabupaten/kota.

”Berikutnya 5 Agustus 31 wilayah siaran yang mengcover 110 kabupaten/kota dan yang terakhir 2 November 25 wilayah layanan siaran yang mencover 65 kabupaten/kota," ujarnya, Selasa (26/4/2022)

Anggota Komisi 1 DPR RI, Dave Laksono menjelaskan beberapa fenomena umum digitalisasi dalam penyiaran yaitu maraknya pertumbuhan teknologi dan konsep-konsep baru, ”Termasuk aplikasi baru yang dulu nya tidak pernah kita pikirkan sekarang semua sudah berjalan, kemudian muncul platform penyiaran baru seperti Netflix, video.Com, HBO," ujarnya

Pemerintah melalui Kementerian komunikasi dan informasi (Kominfo) mengajak masyarakat untuk beralih dari Tv analog ke TV digital karena dengan begitu masyarakat juga ikut membantu pemerintah mempercepat transformasi digital.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)