Pastikan Masyarakat Terima Bantuan, Mensos Cek Langsung Penyaluran BST

Jum'at, 19 Juni 2020 - 20:40 WIB
loading...
Pastikan Masyarakat Terima Bantuan, Mensos Cek Langsung Penyaluran BST
Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara hadir di Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya guna mengecek secara langsung penyaluran BST. Foto/Asep Juhariyono
A A A
TASIKMALAYA - Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara hadir di Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya guna mengecek secara langsung penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST). Program BST diluncurkan untuk menjaga daya beli masyarakat miskin dan rentan miskin yang terdampak pandemi virus Corona (Covid-19).

(Baca juga: Gugus Tugas Sebut Covid-19 di Tanah Air Semakin Terkendali)

Bersama rombongan, ia menyapa dan berdialog dengan para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BST yang sudah bersiap dengan duduk yang diatur berjarak di Kantor Pos Kota Tasikmalaya dan Kantor Pos Cabang (KPC) Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya.

(Baca juga: Gugus Tugas Imbau Masyarakat Tak Takut Jalani Rapid Test)

Dalam kesempatan berada di KPC Ciawi, Mensos menyatakan, kehadirannya atas instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk memastikan negara hadir bagi masyarakat yang terdampak bencana.

"Hari ini, saya mengecek langsung dan memastikan penyaluran BST berjalan lancar dan tertib. Saya berpesan, bantuan jangan digunakan untuk membeli rokok. Gunakan untuk membeli kebutuhan yang mendesak," kata Juliari, Jumat (19/6/2020).

(Baca juga: Angka Kematian Covid-19 Tertinggi di Asia Tenggara Harus Jadi Alarm)

Ia mengapresiasi kesiapan dan kerja sama petugas dari PT Pos, BNI, dan pemerintah daerah dalam memfasilitasi penyaluran BST. "Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran distribusi bansos," ucapnya.

Untuk Kabupaten Tasikmalaya dialokasikan sebanyak 32.251 KPM dengan nilai bantuan sebesar Rp64.394.000.000. Sementara untuk Kota Tasikmalaya dialokasikan sebanyak 11.564 KPM dengan nilai bantuan sebesar Rp19.836.000.000.

Dalam kesempatan itu, Mensos Juliari juga berdialog dengan petugas PT Pos, tentang bagaimana pelayanan terhadap KPM dilakukan. Ia juga menanyakan apa saja kendala yang dihadapi petugas dalam melayani KPM. Petugas menjelaskan bahwa pelayanan terhadap KPM relatif lancar. Untuk KPM lansia dan sakit, petugas berinisiatif menjemput ke rumah.

Mensos Juliari menyatakan, Program BST dan Bansos Sembako Bantuan Presiden akan berlanjut hingga Desember 2020. "Nilainya akan berkurang menjadi Rp300.000/KPM/bulan. Ini karena pemerintah juga akan membantu dengan berbagai bantuan penguatan ekonomi. Dan dengan kondisi New Normal masyarakat juga bisa lebih produktif," katamya.

Sebelumnya Mensos juga meninjau penyaluran BST di dua lokasi, di Garut yakni KPC Bayongbong, Kecamatan Mekarsari, dan penyaluran secara komunitas di Kantor Desa Neglasari, Kecamatan Limbangan. Dalam kesempatan ini, hadir pula Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Hadir mendampingi Mensos, Dirjen Penanganan Fakir Miskin Asep Sasa Purnama. Hadir pula Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzanul Ulum, Dirut PT Pos Indonesia Gilarsi Wahyu Setijono, Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto, dan Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2365 seconds (0.1#10.140)