Jokowi Sebut Masa Transisi Pandemi ke Endemi 6 Bulan ke Depan

Senin, 25 April 2022 - 16:57 WIB
loading...
Jokowi Sebut Masa Transisi Pandemi ke Endemi 6 Bulan ke Depan
Didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi Sirkuit Formula E di Ancol pada hari ini Senin 25 April 2022. Foto/MPI/Raka Dwi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia memiliki waktu sekitar enam bulan untuk transisi dari pandemi Covid-19 ke endemi. Hal tersebut disampaikan usai menanggapi diperbolehkannya mudik pada Lebaran tahun 2022 ini.

Jokowi menjelaskan bahwa diperbolehkannya mudik karena pihaknya telah melihat data kasus aktif harian yang sudah sangat rendah. Namun, Jokowi meminta kepada masyarakat agar tetap berhati-hati.

"Tapi apa pun, ada masa transisi yang masih kita harus hati-hati. Saya tidak ingin kayak negara-negara lain, buka masker, ndak. Ini masih masa transisi, kira-kira 6 bulan. Kita lihat seperti apa, baru nanti silakan kalau di luar ruangan buka masker, kalau di dalam tetap masih pakai masker," ujar Jokowi usai meninjau Sirkuit Formula E, di Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/4/2022).



Untuk mengubah masa transisi dari pandemi ke endemi, kata Jokowi, semua pihak tidak perlu tergesa-gesa. Menurutnya, harus menjadikan pelajaran kasus aktif dengan berbagai varian Covid-19 sebelumnya. Baca juga: Momen Jokowi Disopiri Anies saat Melihat Sirkuit Formula E

"Ada tahapan-tahapan yang kita tidak perlu tergesa-gesa, karena apa pun kita punya pengalaman, saat Delta seperti apa, saat Omicron seperti apa. Sehingga kehati-hatian, kewaspadaan tetap harus," paparnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2779 seconds (0.1#10.140)