Kakorlantas Sebut Jawa Barat Kunci Arus Mudik Lebaran 2022

Minggu, 24 April 2022 - 05:13 WIB
loading...
Kakorlantas Sebut Jawa Barat Kunci Arus Mudik Lebaran 2022
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi. Foto/Dok.MPI
A A A
JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi menuturkan bahwa Jawa Barat (Jabar) menjadi kunci keberhasilan pengaturan arus mudik Lebaran 2022 . Dia menilai bila arus mudik di Jabar berhasil dibuat lancar, maka volume kendaraan pemudik akan bisa didorong dengan lancar hingga Jawa Tengah.

“Kuncinya seperti yang disampaikan Dirops Jasa Marga, kuncinya di Jawa Barat ini. Kalau bisa lancar semoga kita dorong bisa ke Jateng dan kemudian (pemudik) pecah di sana,” kata Firman dalam rapat koordinasi kesiapan daerah dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun 2022 di wilayah Jawa Barat, Sabtu (23/4/2022).

Lebih lanjut dia menuturkan, guna melancarkan arus mudik di Jabar, sejumlah skenario lalu lintas pun telah dirancang oleh Kepolisian. Salah satunya, yaitu dengan menerjunkan petugas untuk pengaturan lalu lintas di jalan tol maupun arteri Pantura yang kerap dilalui kendaraan roda dua.





“Kita siagakan personel Polda Jabar baik jalur di tol maupun di arteri Pantura roda dua, sudah kita siapkan sedemikian rupa,” imbuhnya.

Namun, kata dia, pengaturan lalu lintas yang dilakukan masih harus diikuti secara disiplin oleh masyarakat. Sehingga, tidak akan ada pelanggaran lalu lintas yang berujung pada hal yang tak diinginkan ketika arus mudik.

“Dibutuhkan pengumuman-pengumuman, kemudian imbauan lebih masif seperti yang disampaikan Pak Presiden, agar masyarakat betul-betul patuh, taat, mau mengikuti petunjuk petugas dan mengikuti lajur-lajur yang sudah ada dibuat,” ungkapnya.

Firman berharap, jika hal tersebut bisa terpenuhi maka mudik tahun ini bisa berjalan lancar. Dia juga memastikan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak.

"Sehingga kita bisa memperkecil apa yang tak perlu terjadi. Aspek kesabaran, aspek koordinasi, sudah kita laksanakan sampai pada rest area, semoga bisa membantu untuk melancarkan saudara kita yang berangkat dari Jakarta,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)