Pembentukan Defend ID Bikin Indonesia Lebih Disegani Dunia

Jum'at, 22 April 2022 - 21:26 WIB
loading...
A A A
Menurut Beni, BUMN pertahanan Indonesia dinilai tak kalah dengan produsen alutsista global. Banyak produk unggulan dari PT PINDAD yang sudah diakui dunia. Alutsista produksi PINDAD yang sudah mendunia seperti senjata serbu SS2, kendaraan pengangkut personel (APC) ANOA. Produk unggulan seperti ini harus menjadi prioritas untuk memenuhi alutsista TNI Polri.

Defend ID juga dapat melakukan kerjasama dengan industri pertahanan swasta dalam membuat suku cadang ataupun pembuatan platform seperti kapal-kapal patroli kecil, drone, radar atau bahkan senjata/amunisi seperti misil, bom dan yang lainnya. Tujuannya agar industri dalam negeri dapat meningkat.

"Selain itu Defend ID juga dapat memberikan insentif kepada kampus dan industri kecil di dalam negeri (public private partnership) dalam penelitian dan pengembangan prototipe senjata dan peralatan pertahanan lainnya," kata Beni.

Beni mengakui masih banyak tantangan yang dihadapi Defend ID. Tantangan tersebut diantaranya, ada keterbatasan SDM yang ahli dalam industri pertahanan. Selain itu keterbatasan anggaran/modal investasi yang dimiliki BUMN pertahanan.

Dua tantangan utama tersebut akan mempengaruhi kapasitas produksi dari BUMN pertahanan. Agar BUMN pertahanan dapat meningkatkan jumlah produksinya serta mampu bersaing dengan produsen alutsista global, Beni meminta agar Pemerintah melalui Kementrian Kuangan dan Kementrian BUMN dapat meningkatkan modal di perusahaan BUMN pertahanan.

"Agar dapat meningkatkan kapasitas produksi dan meningkatkan kualitas alutsista produksi BUMN pertahanan, penambahan modal perlu dipertimbangkan Pemerintah. Sebab peluang untuk BUMN pertahanan ini tumbuh sangat besar," kata Beni.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)