Cak Imin Sebut Ada Tiga Syarat untuk Memenangkan Pertempuran Digital

Kamis, 21 April 2022 - 20:23 WIB
loading...
Cak Imin Sebut Ada Tiga Syarat untuk Memenangkan Pertempuran Digital
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) melihat dalam menuju kesiapan yang memadai di era digital perlu langkah-langkah khusus.Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) melihat dalam menuju kesiapan yang memadai di era digital perlu langkah-langkah khusus. Menurutnya ada tiga syarat utama yang harus dipertikan.

"Apa yang harus kita siapkan untuk menang dalam pertempuran dunia digital? Setidaknya perlu ada tiga syarat utama," kata Cak Imin dalam acara Webinar Ditjen IKP Kominfo dengan tema Bermedsos Dengan Cerdas, Kamis (21/4/2022).

Syarat yang pertama menurut Cak Imin adalah menyiapkan kualitas SDM. Dia menilai kesadaran serta kemampuan dan kapasitas SDM di bidang teknologi perlu dilakukan upgrade secara menyeluruh. "Ini butuh investasi besar dari kita semua. Khususnya dari pemerintah dan negara, khususnya pada kurikulum kita harus menambah skill di bidang teknologi informasi," jelasnya.



Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, anggaran pendidikan harus mengarah pada peningkatan kapasitas teknologi informasi. Sehingga kedepannya melahirkan para pakar dan ahli di bidang digital.

Selanjutnya, syarat kedua yang perlu disiapkan adalah teknologi. "Nah teknologi ini butuh dipersiapkan. APBN dan APBD harus mendorong itu semua, sehingga aksesebel kita mudah, cepat, dan murah. Ini yang sedang saya perjuangkan juga," sambungnya.



Selain investasi teknologi lanjut Cak Imin, penguatan bidang infrastruktur teknologi akan mendorong lahirnya masyarakat yang adaptif dan inovatif.

Adapun syarat yang ketiga adalah menyiapkan konten. Konten atau isi ini harus benar memiliki kreatifitas yang memadai dan unggul. "Supaya kita tidak menjadi konsumen, melainkan produsen. Termasuk untuk soal seni dan budaya kita harus adaptif," tandasnya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1919 seconds (0.1#10.140)