Wapres Pastikan Candi Borobudur Siap Dikunjungi saat Lebaran

Kamis, 21 April 2022 - 19:18 WIB
loading...
Wapres Pastikan Candi Borobudur Siap Dikunjungi saat Lebaran
Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur siap dikunjungi masyarakat saat Lebaran 2022. Foto/Setwapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur siap dikunjungi masyarakat saat Lebaran 2022. Selain bersilaturahmi dengan keluarga, mengunjungi tempat wisata merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan masyarakat dalam mengisi libur Hari Raya Idul Fitri.

“Saya mengunjungi destinasi wisata prioritas yang memang disiapkan pemerintah supaya pada saat hari raya ini sudah bisa dikunjungi karena memang sudah 2 tahun masyarakat tidak bisa berkunjung ke tempat wisata ini,” kata Wapres dalam keterangannya usai meninjau TWC Borobudur di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (21/4/2022).

Wapres menyampaikan, pembangunan dan persiapan yang dilakukan untuk menghadapi lonjakan pengunjung tersebut sudah sangat baik. “Ini diperkirakan pengunjungnya akan banyak. Karena itu dipersiapkan sedemikian rupa dan dari mulai masuk sampai berbagai fasilitas,” katanya.





Kemudian, kata dia, ekosistemnya sudah dibangun dengan baik sebagai salah satu destinasi prioritas. “Kita harapkan pada saat nanti hari raya liburan panjang, masyarakat sudah bisa menikmati destinasi wisata terutama wisatawan lokal, mungkin juga wisatawan luar negeri,” imbuhnya.

Mengakhiri peninjauan, Wapres menyampaikan bahwa TWC Borobudur merupakan salah satu tempat terindah yang ada di Indonesia. Untuk itu, harus selalu dirawat dan Indonesia bangga memiliki berbagai destinasi wisata yang tidak hanya menarik bagi wisatawan lokal, tapi juga mancanegara.

“Ini kebanggaan kita sebagai bangsa dan tidak ada tempat seperti ini di dunia kecuali di tempatnya Pak Ganjar ini yang punya destinasi luar biasa ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama TWC Borobudur Edy Setijono melaporkan berbagai persiapan yang sudah dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri. “Kami mempersiapkan karena kita tahu sudah 2 tahun tidak ada libur Lebaran, perhitungan kami akan terjadi lonjakan luar biasa. Supaya kesiapan tetap aman dan nyaman, yang utama penerapan protokol kesehatan,” kata Edy.

Sejalan dengan Edy, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti memaparkan bahwa pekerjaan yang sudah dilakukan oleh jajaran Kementerian PUPR, salah satunya pembuatan homestay untuk memajukan ekonomi masyarakat sekitar. “Juga ada homestay. Ini adalah rumah masyarakat digunakan untuk penginapan. Wisatawan merasakan (menginap) di Kawasan Borobudur ini,” ujarnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2201 seconds (0.1#10.140)