Bapak Pembangunan, Julukan untuk Presiden Soeharto yang Diakui Pemimpin ASEAN

Kamis, 21 April 2022 - 06:09 WIB
loading...
A A A
Melalui Program Repelita, Soeharto membangun sekolah, puskesmas, waduk, embung, pengendalian banjir, industri nasional, dan jalan nasional. Atas keberhasilannya membangun Indonesia di segala bidang, Soeharto diangkat sebagai Bapak Pembangunan Indonesia pada 1983.

Meski tersangkut sejumlah isu hukum dan demokrasi, dari mulai KKN hingga pelanggaran HAM, tapi keberhasilan Soeharto membawa Indonesia menjadi Macan Asia mendapat pengakuan dari sejumlah koleganya. Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew (1959-1990) menilai apa yang dilakukan Soeharto selama menjabat Presiden RI merupakan sumbangan signifikan untuk menuju stabilitas dan pembangunan regional.

"Soeharto telah mengubah Indonesia yang miskin menjadi macan ekonomi baru, mendidik rakyatnya, dan membangun infrastruktur yang memperlancar pembangunan Indonesia yang berkesinambungan," kata Lee Kuan Yew seperti dikutip dari buku Pak Harto The Untold Stories (2012), Rabu (20/4/2022).

Pujian serupa juga disampaikan Tun Mahathir bin Mohamad, mantan Perdana Menteri Malaysia. Menurutnya, kunci sukses Soeharto dalam memimpin Indonesia adalah ketegasan dan memahami apa yang dibutuhkan rakyat dan negara. "Itu sebabnya di bawah kepemimpinan Soeharto, Indonesia bisa maju, dari negara miskin menjadi negara berkembang," katanya.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)