Dapat Kuota Haji, Kemenag Persiapkan 6 Hal Ini untuk Pemberangkatan Jamaah

Rabu, 20 April 2022 - 09:26 WIB
loading...
Dapat Kuota Haji, Kemenag Persiapkan 6 Hal Ini untuk Pemberangkatan Jamaah
Kemenag menyiapkan enam hal sebelum memberangkatkan jamaah haji. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) resmi menerima kuota haji 1443H/2022M dari pemerintah Arab Saudi sebanyak 100.051 orang yang kloter pertama diperkirakan akan diberangkatkan pada 4 Juni 2022. Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Ditjen PHU Kemenag, Subhan Cholid mengatakan pihaknya telah mempersiapkan enam hal untuk pemberangkatan jamaah haji.

Pertama, Kemenag segera menerbitkan keputusan menteri agama terkait pembagian kuota provinsi. Adapun kuota tersebut didistribusikan kepada provinsi masing-masing.

"Rumusnya 1/1000 penduduk muslim di daerah masing-masing itu normalnya. Ketika kemudian terjadi situasi seperti ini, tentu mengacu pada 45% dari masing daerah, jadi semua daerah kebagian berdasarkan presentase," kata Subhan saat dihubungi, Rabu,(20/04/2022).



Kedua, pihaknya akan melakukan konfirmasi ulang kepada jemaah yang telah melunasi biaya haji 2020 dan berhak masuk dalam daftar yang kuota haji 1443H/2022M.

"Kami akan kita lakukan konfirmasi kepada masing-masing jemaah. Kita perlu konfirmasi ulang, karena mereka sudah melunasi bipih 2020 mudah-mudahan dalam waktu dekat sebelum lebaran kita sudah selesaikan semuanya," ujar dia.

Ketiga, Subhan mengatakan pihaknya akan segera menyelesaikan proses penyiapan maskapai penerbangan untuk jemaah haji 1443H. Keempat, penyelesaian tahapan-tahapan penyediaan layanan di Arab Saudi baik akomodasi, konsumsi, maupun transportasi.

"Di sela-sela itu kita juga akan melakukan pembinaan manasik haji bagi jemaah. dengan metode hybrid kepada jamaah sebagai refresh yang sudah dilakukan pada tahun 2020. Kita refresh kembali tentu dengan paradigma yang masih dalam suasana pandemi," ujar dia.

Kelima, Kemenag telah memulai proses pengurusan dokumen pemvisaan. Subhan mengatakan paspor para calon jamaah haji saat ini telah dikumpulkan sudah di kantor Kemenag provinsi setempat.

"Calon-calon jemaah dokumennya akan segera kita proses untuk pemvisaan. Sehingga mudah mudahan di tanggal 4 Dzulqa’dah ketika kloter pertama diterbangkan itu seluruh dokumen sudah selesai dilakukan pemvisaan dan jamaah siap untuk berangkat," kata dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)