Ini tiga sumber dana yang menghidupi PAN

Selasa, 23 April 2013 - 20:29 WIB
Ini tiga sumber dana yang menghidupi PAN
Ini tiga sumber dana yang menghidupi PAN
A A A
Sindonews.com - Wakil Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPR RI Viva Yoga Mauladi, mengungkapkan ada tiga sumber dana yang diterima partainya dalam menjalankan roda perpolitikan selama ini.

Pertama, kata dia, dana tersebut bersumber dari internal partai. Kedua, berasal dari iuran anggota partai berlambang matahari terbit ini.

"Pertama internal partai, kedua iuran anggota. Kalau anggota DPR, baik pusat, provinsi, kabupaten atau kota menurut pedoman organisasi tentang hubungan partai dengan anggota legislatif bahwa setiap bulan anggota legislatif dipotong 20 persen ketika dia dilantik menjadi anggota legislatif," kata Viva di Gallery Cafe, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2013).

Sumber dana yang ketiga menurutnya, berasal dari simpatisan partai yang dipimpin Hatta Rajasa ini. Dia melanjutkan, biaya itu nantinya digunakan untuk berbagai macam kegiatan di seluruh tingkatan.

"Ketiga itu dari simpatisan. Jadi, dana ini gunanya untuk kegiatan partai, tersebar ditingkat pusat, provinsi, kabupaten atau kota. Kita juga ada subsidi silang karena ada sebagian dapil yang tidak ada anggota legislatif," terangnya.

Anggota Komisi IV DPR RI ini juga menjelaskan, untuk ongkos politik calon anggota legislatif (caleg) maka mereka menggunakan dana masing-masing calon, mereka pun diminta untuk membuka rekening khusus.

"Untuk ongkos politik, Pak Hatta mengharapkan caleg membuka rekening khusus untuk dana kampanye masing-masing caleg.
Tujuannya pertama agar transparan. Kedua, bisa dipertanggungjawabkan ke publik soal penggunaannya," katanya.

"Ya menurut Pak Hatta kemarin diwajibkan. Instruksi dari Ketua Umum Hatta Rajasa," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8161 seconds (0.1#10.140)