Hargai Kontribusi, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo: Dukung Posisi Strategis Perempuan di Organisasi

Selasa, 12 April 2022 - 08:25 WIB
loading...
Hargai Kontribusi, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo: Dukung Posisi Strategis Perempuan di Organisasi
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo mendukung posisi strategis perempuan di organisasi. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo berpesan agar kontribusi perempuan dihargai dan tak dipandang sebelah mata, sehingga Angela mendorong dan mendukung perempuan menempati posisi strategis di organisasi.

Hal itu disampaikan Angela saat memberi sambutan kunci pada talkshow yang digelar Perhimpunan Pelajar Indonesia, dengan tajuk Srikandi Indonesia Bersuara: “The Importance of Women’s Role as The Strength of The Nations”, pada Minggu, 10 April 2022.

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia mengusung talk show --yang melibatkan peran perempuan Indonesia dan para pelajar Indonesia di luar negeri-- tersebut untuk bersama-sama berdiskusi dalam upaya memaknai emansipasi wanita masa kini.



Talk show ini menjadi salah satu upaya PPI Dunia agar perempuan Indonesia lebih berdaya dan sejahtera. Angela menilai, ini merupakan tema yang sangat menarik sekali untuk dibawakan dalam memperingati Hari Kartini 2022. Selain itu, karena peran perempuan yang senantiasa dan semakin krusial bagi pembangunan bangsa dan negara.

Baca juga: Hadir Bersama Luhut, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Apresiasi UMKM 'Naik Kelas' dengan Berjualan di Lokasi Premium

"Peran perempuan menjadi sangatlah penting di masa pandemi Covid-19. Data dari UMKM Indonesia, sebelum pandemi, 60% dari UMKM dikelola oleh perempuan, dan data ini meningkat menjadi 64,5% di 2021. UMKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Lebih dari 99,9% dari total pelaku usaha adalah UMKM yang menyerap 97% dari total tenaga kerja nasional dan memberi kontribusi lebih dari 57% PDB Indonesia," kata Angela yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Bidang Ekonomi Digital & Kreatif ini.

Pada banyak kunjungan Angela ke daerah-daerah --saat mendorong Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI)-- terlihat sekali keterlibatan perempuan dalam ketahanan ekonomi. Mereka beradaptasi dengan teknologi dan menggunakan penjualan online sebagai solusi berjualan di masa pandemi. Namun, memang sangat disayangkan sekali peran perempuan masih sering dipandang sebelah mata.



"UN Women menemukan 75% perempuan merasa terganggu kesehatan mentalnya di masa-masa pandemi Covid-19 dan melihat kondisi ini, tentunya Kemenparekraf sebagai Kementerian, dengan sektor Parekraf yang didominasi oleh perempuan, kami berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada perempuan dalam menjalankan usaha Parekraf dan bekerja di lingkungan, di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2135 seconds (0.1#10.140)