Kajian dan Kepemimpinan Strategis Jadi Karakter Utama Lemhannas

Senin, 11 April 2022 - 16:13 WIB
loading...
Kajian dan Kepemimpinan Strategis Jadi Karakter Utama Lemhannas
Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjajanto saat menerima audiensi dari PT MNC Portal Indonesia di Lemhannas pada Senin (11/4/2022). Foto/MPI/Faisal Rahman
A A A
JAKARTA - Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional ( Lemhannas ) Andi Widjajanto menjelaskan isu di Lemhannas meliputi ketahanan nasional, wawasan nusantara, dan geopolitik. Sehingga, bahasa yang disampaikan kepada masyarakat cenderung berat.

“Karakter utama Lemhannas itu kajian strategis dan mencetak kepemimpinan strategis, memang kami bahasanya cenderung berat. Bahasanya memang yang lebih mudah dikenal oleh pendidikan menengah tinggi, pendidikan tingginya pun biasanya lebih mudah untuk berinteraksi dengan lulusan post graduate,” ujar Andi Widjajanto saat menerima audiensi dari PT MNC Portal Indonesia di Lemhannas pada Senin (11/4/2022).

Namun, kata Andi, Lemhannas menyadari bahwa ada beberapa substansi di ketahanan nasional, wawasan nusantara, geopolitik, dan kebangsaan yang sebaiknya ada di masyarakat. Hal itu yang membuat Lemhannas membutuhkan kolaborasi dengan pihak terkait untuk menyosialisasikan hal tersebut.





Andi menyadari bahwa Lemhannas tidak sanggup apabila melakukan sosialisasi kebangsaan hingga level pedesaan, karena banyaknya jumlah penduduk di Indonesia. Namun, Lemhannas menyadari hal tersebut memang perlu untuk dilakukan.

“Kebutuhan-kebutuhan itu nyata, tapi kami juga kalau dibandingkan dengan kebutuhan-kebutuhan itu yang bisa kami lakukan sangat kecil di level atas. Apalagi kalau kemudian kebutuhannya bahasa dewanya Lemhannas tentang ketahanan nasional itu bisa lebih masuk,” tuturnya.

Dia menuturkan, Lemhannas bukan fokus pada pendidikan pemerataan ke bawah, namun hal itu juga penting dilakukan. Maka itu, Lemhannas berupaya mencari mitra untuk berkolaborasi. “Kami fokus di sana tapi di bawah dipegang oleh siapa, kolaborasi dengan siapa,” kata Andi.



Sependapat dengan Andi, Sekretaris Utama Lemhannas Komjen Pol Purwadi Arianto mengatakan bahwa menciptakan pimpinan strategis itu melangit, tapi kadang-kadang juga nilai-nilai kebangsaan itu membumi. Menurutnya, permintaan yang begitu banyak membuat Lemhannas kewalahan dan salah satu caranya adalah berkolaborasi dengan MNC, salah satunya dengan gebyar kebangsaan.

“Kita sudah dapat space sumpah pemuda, nah itu ditampilkan tokoh-tokoh muda yang punya karakter dan bisa menjadi role model bagi pemuda-pemuda. Memang untuk membumi ini agak berat karena kita sudah melangit, sehingga tenaganya tidak ada,” katanya.

Turut hadir dalam audiensi tersebut dari PT MNC Portal Indonesia, yakni Pemimpin Redaksi Sindonews.com Zen Teguh, Pemimpin Redaksi iNews TV, Reporter MNC Portal Rizky Syahrial, Fotografer MNC Portal Faisal Rahman, Sales Marketing PT MNC Portal Indonesia Reisky Adinda, dan Sales Marketing PT MNC Portal Indonesia Winda Fairunisa.

Selain Sekretaris Utama Lemhannas, hadir pula Tenaga Profesional Bidang Sosial Budaya Lemhannas Tantri Relatami, Karo Kerja sama dan Hukum Settama Lemhannas Brigjen TNI (Mar) Purwadi, dan Kepala Biro Humas Settama Lemhannas Brigjen TNI A. Yudi Hartono, mendampingi Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2246 seconds (0.1#10.140)