Gubernur Aceh: Terima Kasih Pak Ganjar Usulkan Pejuang Aceh Jadi Pahlawan Nasional

Minggu, 10 April 2022 - 13:14 WIB
loading...
Gubernur Aceh: Terima Kasih Pak Ganjar Usulkan Pejuang Aceh Jadi Pahlawan Nasional
Gubernur Aceh Nova Iriansyah ketika menyambut kunjungan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di rumah dinasnya, Minggu (10/4/2022).
A A A
BANDA ACEH - Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Ganjar telah memperhatikan salah satu pahlawan Aceh Pocut Meurah Intan. Pocut adalah pejuang aceh yang dibuang Belanda ke Blora. Hingga akhir hayatnya, Pocut tinggal dan dimakamkan di Blora.

Pada Hari Pahlawan tahun lalu, Ganjar berziarah ke makam Pocut. Di situ ia menyatakan pengusulan Pocut sebagai pahlawan nasional. "Pocut calon pahlawan nasional, terimakasih Pak Ganjar yang mengusulkan pejuang kami," kata Nova ketika menyambut kunjungan Ganjar Pranowo di rumah dinasnya, Minggu (10/4/2022).

Nova sendiri baru saja berkunjung ke Blora untuk menjenguk mahasiswa Aceh yang kuliah di Akademi Migas Blora. Sekaligus ia berziarah ke makam Pocut. "Saya bertemu warga dan ahli waris di sana, mereka mewanti wanti agar saya tidak memindahkan makam ke Aceh. Saya bilang tidak, justru kami rencanakan di APBD untuk upgrade makam beliau lebih bagus," katanya.

Dalam sambutannya, Nova Iriansyah juga mengucapkan terimakasih kepada Ganjar yang telah memperhatikan pahlawan Aceh yang dimakamkan di Blora, Pocut Meurah Intan. "Saya terimakasih Pemprov Jateng mengusulkan Pocut Meurah Intan jadi Pahlawan Nasional," ujarnya.

Ganjar mengatakan, pengusulan Pocut sebagai pahlawan nasional berawal dari upacara Sumpah Pemuda 28 Ojtober 2021 di Asrama Mahasiswa Aceh. "Kebetulan nama asramanya Pocut Meurah Intan, dari situ kita jadi tahu ternyata makamnya di Blora, akhirnya kita ziarah dan bersih-bersih makam dan tercetuslah ide pahlawan nasional," ucapnya.

Menurut Ganjar, sudah sepantasnya Pocut menjadi pahlawan nasional mengingat besarnya pengabdian dan pengorbanannya pada Ibu Pertiwi. "Meski diasingkan di Blora namun spirit Pocut justru menginspirasi dan membakar semangat pejuang pejuang di Jawa Tengah," katanya. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)