Politikus PDIP Kritik Pedas Peran Presidensi G20 Jokowi : Enggak Usah Safari 3 Periode

Rabu, 06 April 2022 - 14:41 WIB
loading...
A A A
Effendi ini menegaskan, peran Indonesia jangan hanya sebatas penyelenggara saja. Apalagi, dia melihat bahwa Jokowi telah 3-4 kali ke Bali untuk mengecek persiapan yang menurutnya tidka perlu diperiksa oleh Presiden. Karena ia sangat meyakini bahwa Presidensi G20 ini adalah kesempatan, ketika terjadi kebekuan negara Barat, Amerika dengan negara-negara eks federasi dan negara-negara Timur. Dan G20 ini tidak sekedar forum politik saja.

“Ketika itu negara kita menjadi presidensinya lepas dari G20 bukanlah forum politik, tapi siapa yang bisa memisahkan ekonomi dan politik Bu? kenapa tidak diperankan? punjung ke Rusia ditemani Menlu yang hebat ini, berfoto bersalaman seperti ibu saja (Retno bersalaman dengan Menlu Rusia), nilai jualnya luar biasa, nggak usah diajarin Pak Jokowi Bu, biarin Tuhan yang ngajarin dia bu,” tegasnya.



Effendi menambahkan, Jokowi semestinya berkunjung langsung ke Rusia dan Ukraina, apalagi Indonesia memiliki keuntungan sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, yang terdepan membela Palestina, terdepan membela muslim Uighur, China, Afghanistan. Apalagi, hubungan Indonesia dengan Rusia sejak proklamasi, begitu juga dengan Ukraina tidak ada handicap (rintangan).

Jadi, kata dia, lebih baik Menlu memikirkan sarannya itu, ada baiknya Jokowi mengupayakan itu di saat Ramadhan, ketimbang safari 3 periode.

“Please Bu, think about Bu (tolong dipikirkan). Jangan ini lewat momentum apalagi momentum puasa ini ada baiknya, enggak usah safari 3 periode lah, safarinya ke sana aja. Bener ini saya serius,” ucap Effendi.
(muh)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)