Ini Makna Nilai Huruf dalam Evaluasi SAKIP dan RB

Selasa, 05 April 2022 - 11:51 WIB
loading...
Ini Makna Nilai Huruf dalam Evaluasi SAKIP dan RB
Pemberian penghargaan SAKIP dan RB Tahun 2021 oleh Kemenpan-RB, Selasa (5/4/2022). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( PAN-RB ) Rini Widyantini menjelaskan kategori penilaian dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ( SAKIP ) dan Reformasi Birokrasi. Hasil evaluasi SAKIP dan RB Tahun 2021 sebagian besar daerah mendapatkan hasil positif.

"Hasil evaluasi dari reformasi birokrasi dan SAKIP pada tahun 2021 ini secara nasional menunjukkan tendensi hasil yang positif," kata Rini dalam sambutannya saat pemberian penghargaan SAKIP dan RB Tahun 2021 oleh Kemenpan-RB, Selasa (5/4/2022).

Ia memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pemerintah provinsi, kabupaten, kota yang telah konsisten melakukan berbagai perbaikan, sehingga mendapatkan peringkat SAKIP RB B, BB, A dan AA.

Baca juga: Pemprov DKI Dapat Predikat A Penghargaan SAKIP dan RB 2021

Kategori AA dengan nilai absolut 90-100 memiliki interpretasi sangat memuaskan. Artinya telah terwujud Good Governance. Seluruh kinerja dikelola dengan sangat memuaskan di seluruh unit kerja. Telah terbentuk pemerintah yang yang dinamis, adaptif, dan efisien (Reform). Pengukuran kinerja telah dilakukan sampai ke level individu.

Kategori A dengan nilai absolut 80-90 memiliki interpretasi memuaskan. Artinya terdapat gambaran bahwa instansi pemerintah/unit kerja dapat memimpin perubahan dalam mewujudkan pemerintahan berorientasi hasil, karena pengukuran kinerja telah dilakukan sampai ke level eselon 4/Pengawas/Subkoordinator.

Kategori BB dengan nilai absolut 70-80 memiliki intepretasi sangat baik. Terdapat gambaran bahwa AKIP sangat baik pada 2/3 unit kerja, baik itu unit kerja utama, maupun unit kerja pendukung. Akuntabilitas yang sangat baik ditandai dengan mulal terwujudnya efisiensi penggunaan anggaran dalam mencapai kinerja, memiliki sistem manajemen kinerja yang andal dan berbasis teknologi informasi, serta pengukuran kinerja telah dilakukan sampai ke level eselon 3/koordinator.

Baca juga: Nadiem Apresiasi 81 % Satker Raih Predikat Memuaskan dan Sangat Baik pada SAKIP 2021

Kategori B dengan nilai absolut 60-70 memiliki interpretasi Baik. Terdapat gambaran bahwa AKIP sudah baik pada 1/3 unit kerja, khususnya pada unit kerja utama. Terlihat masih perlu adanya sedikit perbalkan pada unit kerja, serta komitmen. dalam manajemen kinerja. Pengukuran kinerja baru dilaksanakan sampai dengan level eselon 2/unit kerja.

Kategori CC dengan nilai absolut 50-60 memiliki intepretasi cukup (memadai). Terdapat gambaran bahwa AKIP cukup baik. Namun demikian, masih perlu banyak perbaikan walaupun tidak mendasar khususnya akuntabilitas kinerja pada unit kerja.

Kategori C dengan nilai absolut 30-50 memiliki intepretasi kurang. Sistem dan tatanan dalam AKIP kurang dapat diandalkan. Belum terimplementasi sistemn manajemen kinerja sehingga masih perlu banyak perbaikan mendasar di level pusat.

"Pemerintah provinsi dan kabupaten kota dengan predikat C dan CC, diharapkan para gubernur, bupati dan wali kota dan Sekretaris Daerah untuk meningkatkan komitmen dan fokus pada kinerja yang memberikan manfaat dan dampak untuk masyarakat serta fokus pada upaya perubahan konkrit dalam pelaksanaan reformasi birokrasi," kata Rini Widyantini.

Sedangkan kategori D dengan nilai absolut 0-30 memiliki intepretasi sangat kurang. Sistem dan tatanan dalam AKIP sama sekali tidak dapat diandalkan. Sama sekali belum terdapat penerapan manajemen kinerja sehingga masih perlu banyak perbaikan/perubahan yang sifatnya sangat mendasar, khususnya dalam implementasi SAKIP.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)